oleh

Pesan Kapolda Maluku: Jaga Netralitas Saat Pilkada

-Keamanan-233 views

AMBON – Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar menegaskan seluruh personil Polda Maluku harus menjaga netralitas saat Pilkada yang akan berlangsung di sejumlah kabupaten di Maluku.

Hal ini disampaikan Kapolda dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Teguh Sarwono, saat apel bulanan yang  dilaksanakan di Lapangan Upacara Polda Maluku, Tantui – Ambon, Senin (17/2/2020).

Dikatakan, terdapat empat kabupaten yang melaksanakan pilkada di Maluku yaitu Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Seram Bagian Timur sehingga anggota Polri harus bersikap netral dan tidak berpihak kepada siapapun.

“Kita harus meresapi dan mengamalkan apa yang terkandung di dalam Tribrata dan Catur Prasetya maka diperintahkan kepada seluruh personel Polda Maluku untuk dapat meresapinya dengan baik,” katanya.

Kapolda juga mengharapkan agar kedepan tidak ada lagi personel Polda Maluku yang melakukan pelanggaran disiplin maupun pelanggaran kode etik profesi Polri apalagi sampai terlibat dalam kasus kriminalitas.

Mantan Kapolda Sulawesi Barat ini juga menyampaikan beberapa penekanan diantaranya agar seluruh personel Polda Maluku dapat mempersiapkan fisik dan mentalnya dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri Polri sebagai sosok penolong, sahabat, pelayan masyarakat serta penegak hukum yang profesional.

“Petakan kerawanan pada setiap tahapan pengamanan Pilkada serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya kegiatan Pemilukada serentak dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas,” tandasnya.

Selain itu, katanya, perkokoh kerjasama yang harmonis dengan unsur TNI, penyelenggara pilkada dan segenap komponen masyarakat guna mewujudkan sinergitas polisional yang proaktif bagi segenap anggota Polri. (MT-04)

Komentar

News Feed