Sekilas Info

Permudah Pelayanan, Pemkot Ambon Segera Aktifkan SIMAK

SOSIALISASI - Kepala DiskominfoSandi Kota Ambon, Joy Adriaansz melakukan sosialisasi Aplikasi SIMAK di Kantor Kelurahan Pandan Kasturi, Ambon, Sabtu (14/3/2020).

AMBON - Demi mempermudah serta mempercepat pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) segera mengaktifkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Kependudukan (SIMAK).

Hal ini diungkapkan Kepala DiskominfoSandi Kota Ambon, Joy  Adriaansz saat melakukan sosialisasi Aplikasi SIMAK di Kantor Kelurahan Pandan Kasturi, Ambon, Sabtu (14/3/2020).

"Selama ini, dalam hal pelayanan administrasi, masyarakat sering mengalami kesulitan karena proses manual yang sering menghabiskan waktu," ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, katanya, Pemkot melalui salah satu program prioritas Wali Kota dan Wakil Wali Kota yaitu Ambon Cerdas atau Smart City yang diimplementasikan melalui aplikasi SIMAK.

"Aplikasi ini sengaja dibuat untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini menjadi persoalan yang mendasar. Cukup dengan mendapat nomor token dari RT/RW, masyarakat bisa langsung melakukan pengurusan di Kantor Kelurahan," katanya.

Ia menjelaskan, nomor token dikeluarkan RT/RW sebagai bukti persetujuan atau pengantar yang digunakan masyarakat untuk melanjutkan proses di kelurahan.

"Dengan nomor token yang diterbitkan RT/RW, masyarakat sudah bisa melanjutkan ke proses berikutnya, yakni mencetak surat keterangan yang dibutuhkan di kantor kelurahan," jelasnya

Terkait media pencetak surat keterangan, Adriaansz menambahkan, akan ada mesin anjungan mandiri atau kios-k yang disiapkan di Kantor Kelurahan setempat.

"Masyarakat hanya perlu memasukkan nomor token yang diberikan, memeriksa identitas dan jenis keterangan, kemudian mencetak surat yang diperlukan. Hanya dalam hitungan detik, masyarakat sudah bisa memperoleh surat keterangan yang ingin dibuat," jelasnya.

Dikatakan, Surat keterangan yang dicetak, sudah dilengkapi dengan tanda tangan dan cap digital dari kelurahan.

"Untuk itu, kami sudah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara untuk keabsahan dari tanda tangan digital yang dibuat," katanya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!