oleh

Pelantikan Raja Negeri Hutumuri Berlangsung Sederhana

AMBON – Pelantikan Raja Negeri Hutumuri, Fredy Benjamin Waas berlangsung secara sederhana di Unit Layanan  Administrasi (ULA) Balai Kota Ambon, Jumat (20/3/2020).

Undangan yang hadir pun dibatasi. Bahkan sebelum memasuki ULA undangan yang masuk harus mencuci tangan dan melakukan pendeteksian suhu tubuh guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19)..

Adapun undangan yang hadir mengikuti pelantikan raja negeri Hutumuri yakni Saniri Negeri, tokoh agama, camat/lurah, dan pimpinan SKPD di Pemkot Ambon.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat melantik Raja Negeri Hutumuri Fredy Benjamin Waas mengatakan, pelantikan dilakukan disesuaikan dengan situasi yang ada saat ini.

“Saya mohon maaf, tapi pelaksanaan pelantikan tetap berjalan walaupun  pelantikan kali ini diselimuti oleh kondisi bangsa sebagai dampak dari penyebaran virus corona (Covid-19),” katanya.

Dijelaskan, pelantikan Raja Hutumuri bagian dari implementasi pemerintahan negeri adat, sehingga dalam menetapakan raja, pemkot sangat berhati-hati

“Kami sangat hati-hati dalam menetapkan siapa raja di negeri adat, walaupun terlambat kita upayakan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Ia mengaku, pihaknya juga sudah memiliki referensi yang akurat tentang mata rumah negeri, sehingga ketika Saniri mengajukan tidak sesuai maka pemkot bisa melihat sebagai bahan evaluasi.

Wali Kota juga berharap dengan adanya raja yang baru bisa melakukan perkembangan di negeri Hutumuri untuk masyarakat. “Saya berharap raja bisa membangun negeri Hutumuri,” ungkapnya. (MT-05)

Komentar

News Feed