Sekilas Info

Jelang Periksa LKPD 2019, BPK Maluku Gelar ‘Entry Meeting’

ENTRY MEETING - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku melakukan entry meeting secara virtual bersama seluruh kepala daerah se-Provinsi Maluku dalam rangka pemeriksaan LKPD tahun 2019, Rabu (22/4/2020)

AMBON - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku melakukan entry meeting bersama seluruh kepala daerah se-Provinsi Maluku dalam rangka pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

Kasubbag Humas BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Ruben Sidabutar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/4/2020) menjelaskan entry meeting dalam rangka Pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2019 dilakukan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku, Muhammad Abidin, sejak Rabu (22/4/2020) secara serentak diselenggarakan melalui video conference mengingat saat ini masih Pandemi Covid 19.

Tidak seperti tahun sebelumnya, entry meeting pemeriksaan Laporan Keuangan dilakukan oleh Tim Pemeriksa dengan tata muka langsung dengan kepala daerah.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku mengatakan tujuan pemeriksaan laporan keuangan, adalah memberikan keyakinan yang memadai apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia dengan memperhatikan Kesesuaian Laporan Keuangan dengan SAP, Kecukupan pengungkapan Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Dikatakan, lingkup pemeriksaan laporan keuangan tahun angaran 2019 meliputi pemeriksaan atas Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

"Metode pelaksanaan pemeriksaan ada 2 yaitu metode desk audit dimana pemeriksaan yang dilaksanakan di tempat kedudukan BPK Perwakilan Provinsi Maluku secara jarak jauh dengan menggunakan metode komunikasi elektronik, persuratan, jasa pengiriman dokumen, atau metode komunikasi jarak jauh lainnya dan metode on site audit dimana pemeriksaan yang dilaksanakan di tempat," jelasnya.

Abidin juga merincikan pemeriksaan metode desk audit berlangsung 22 April - 19 Mei 2020 sedangkan metode On Site Audit 1 - 20 Juni 2020 pada pemerintah daerah yang telah menyerahkan Laporan Keuangan Unaudited Tahun Anggara 2019, diantaranya Pemprov Maluku, Pemkot Ambon, Pemkot Tual, Pemkab Maluku Tenggara, Pemkab Buru Selatan dan Pemkab Seram Bagian Barat.

“Sedangkan pemeriksaan dengan metode On Site Audit Kabupaten Seram Bagian Timur akan dilakukan 24 April - 23 Mei 2020, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Maluku Tengah 26 April - 25 Mei 2020. Untuk LKPD Pemerintah Kabupaten Buru dan Kabupaten Kepulauan Aru belum ditetapkan jangka waktu pemeriksaan,” rincinya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!