Sekilas Info

Realisasi PAD Sektor Pajak Kota Ambon Hanya Capai 15 Persen Dari Target

Ilustrasi

AMBON - Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak dan retribusi mengalami penurunan yang cukup signifikan akibat dari Covid-19. Pada triwulan I tahun 2020 pencapaian PAD dari sektor pajak dan retribusi hanya mencapai 15 persen.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Ambon Roy de Fretes menjelaskan, pandemi Covid-19 memberikan pengaruh besar terhadap pendapatan yang diterima semua sektor, sehingga menyebabkan PAD mengalami penurunan.

"Untuk triwulan pertama PAD kita mencapai 15 persen dari target. Saya khawatir untuk triwulan kedua hingga empat karena, kita kesulitan mencapai target pnerimaan karena masih dilanda pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ia mengatakan, PAD yang ditargetkan Pemkot Ambon kepada BPPRD Kota Ambon sebesar Rp 121 milyar.

"Kita kesulitan mencapai target PAD yang ditetapkan Pemkot Ambon selama kita masih dilanda wabah Covid-19,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia mengakui saat ini pihaknya menunda pembayaran pajak bagi para pelaku usaha di Kota Ambon.

Penundaan pembayaran pajak berdasarkan kebijakan Pemkot Ambon dengan diterbitkannya Surat Keputusan Wali Kota nomor 217 tentang penundaan pembayaran pajak untuk pajak hotel, pajak restoran, pajak tempat hiburan dan pajak parkir agar, dibayar pada desember mendatang.

"Kita lakukan penundaan pembayaran pajak selama bulan April hingga Juni kepada para pelaku usaha untuk dibayar pada bulan Desember mendatang, karena selama Covid-19 melanda Kota Ambon ada pengusaha hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir yang tutup sehingga, tidak ada pendapatan yang diterima oleh mereka," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pajak terbesar yang diterima pihaknya setiap tahun adanya pada pajak hotel dan restoran.

Namun sampai saat ini, pembayaran pajak belum dilakukan oleh para pengusaha hotel dan restoran.

"Dari informasi yang kita terima para pengusaha hotel kesulitan membayar pajak, karena tidak ada tamu yang melakukan kunjungan sehingga, dapat mempengaruhi pembayaran pajak kepada Pemkot Ambon," katanya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!