Sekilas Info

Pangdam Pattimura Resmikan Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika

PERESMIAN - Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq (kanan) meresmikan Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodam Pattimura bertempat di Mako Denkav 5/ BLC, Ambon, Rabu (24/6/2020).

AMBON - Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq meresmikan Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodam Pattimura bertempat di Mako Denkav 5/ BLC, Ambon, Rabu (24/6/2020).

Pelaksanaan peresmian sanggar tersebut tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Pangdam mengatakan, Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XVI Pattimura merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kesadaran bela negara dan karakter bagi kaum muda melalui pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang merupakan pembinaan khusus untuk membekali keterampilan Matra Darat bagi Pramuka.

“Pembangunan dan peresmian sanggar ini adalah wujud kepedulian Kodam XVI Pattimura kepada Gerakan Pramuka di wilayah Maluku yang belum memiliki Sanggar Pramuka sebagai sekretariat dan tempat untuk berekspresi serta berkreasi,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika memiliki lima Krida antara lain Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

“Manfaatkan sanggar ini dengan sebaik-baiknya sebagai tempat penyelenggaraan dan pusat pengendali setiap kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika yang berkelanjutan di wilayah Kodam XVI Pattimura untuk menuangkan kreatifitas, inovasi dan meningkatkan kemampuan atau keterampilan perorangan baik tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega serta tempat pembinaan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan dalam kepramukaan,” ungkap Pangdam.

Turut hadir dalam peresmian tersebut diantaranya Kasdam XVI Pattimura  Brigjen TNI Gabriel Lema, Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Pangdam XVI Pattimura Brigjen TNI Erwasyah serta Danrem 151 Binaiya Brigjen Arnold AP Ritiauw. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!