Sekilas Info

F1 GP Austria: Valtteri Bottas Juara, Hamilton Kena Penalti

JUARA – Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas tampil sebagai juara F1 GP Austria 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Steiermark, Austria Minggu (5/7/2020) waktu setempat.

STEIERMARK - Mercedes tetap menempatkan pebalapnya sebagai pemenang di F1 GP Austria 2020, kendati Lewis Hamilton sempat diganjal penalti. Valtteri Bottas tampil sebagai juara.

GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Steiermark, Minggu (5/7/2020) waktu setempat diwarnai penalti untuk Hamilton, yang sedianya start dari posisi dua, hanya beberapa saat jelang balapan.

Ini setelah Red Bull melakukan protes karena menilai driver andalan Mercedes itu melakukan pelanggaran kecepatan di tengah berkibarnya bendera kuning.

Insiden sebelumnya sudah ditinjau oleh stewards dan Hamilton dianggap tak bersalah karena ada perbedaan tanda dari marshal dan papan sinyal. Tapi Red Bull mengajukan bukti lain dan berakhir dengan hukuman penalti tiga grid.

Hamilton pun start dari posisi lima, tapi itu tak cukup buat membendung Mercedes. Bottas yang start dari pole position tampil tangguh untuk memenangi balapan, sementara Hamilton sebenarnya mampu finis sebagai runner-up.

Hanya saja 'nasib buruk' belum beranjak dari pebalap Inggris tersebut karena ia mendapatkan penalti lainnya jelang balapan usai. Mobil Hamilton berbenturan dengan milik Alexander Albon saat balapan menyisakan 10 putaran dan membuat mobil pebalap Red Bull tersebut terperosok ke area gravel.

Hamilton pun dijatuhi hukuman lima detik, yang membuatnya harus terlempar dari zona podium. Charles Leclerc dari Ferrari naik jadi runner-up, sedangkan Lando Norris dari McLaren finis ketiga.

Hamilton harus puas finis keempat, disusul Carlos Sainz, Sergio Perez, dan Pierre Gasly. Esteban Ocon, Antonio Giovinazzi, dan Sebastian Vettel melengkapi 10 besar.

Sembilan pebalap gagal finis di balapan pertama musim 2020 ini, di antaranya dua pebalap Red Bull yakni Albon dan Max Verstappen.

Hasil F1 GP Austria 2020:

  1. Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team 71 Laps
  2. Charles Leclerc Scuderia Ferrari Mission Winnow +2.700
  3. Lando Norris McLaren F1 Team +5.491
  4. Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team +5.689
  5. Carlos Sainz McLaren F1 Team +8.903
  6. Sergio Perez BWT Racing Point F1 Team +15.092
  7. Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda +16.682
  8. Esteban Ocon Renault F1 Team +17.456
  9. Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen +21.146
  10. Sebastian Vettel Scuderia Ferrari Mission Winnow +24.545
  11. Nicholas Latifi Williams Racing +31.650

DNF Daniil Kvyat Scuderia AlphaTauri Honda

DNF Alexander Albon Aston Martin Red Bull Racing

DNF Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing Orlen

DNF George Russell Williams Racing

DNF Romain Grosjean Haas F1 Team

DNF Kevin Magnussen Haas F1 Team

DNF Lance Stroll BWT Racing Point F1 Team

DNF Daniel Ricciardo Renault F1 Team

DNF Max Verstappen Aston Martin Red Bull Racing

(MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!