Sekilas Info

Langgar Aturan PSBB, 61 Pelaku Usaha Kena Denda

Ilustrasi

AMBON - Selama dua pecan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemkot Ambon, terdapat 61 pelaku usaha yang melanggar peraturan PSBB  sehingga dikenakan sanksi denda administratif.

Koordinator Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Pemkot Ambon, John Slarmanat mengatakan, selama proses penindakan hukum dua pekan kemarin terdapat 530 pelanggar yang mendapat teguran tertulis.

Pasalnya dari jumlah tersebut paling banyak yang di tempat kerja dan fasilitas umum. Pelanggaran yang dilakukan misalnya membuka tempat usaha padahal tidak dikecualikan dalam PSBB dan juga ada yang buka tidak sesuai jam operasional yang diatur.

"Dari sekian banyak itu ada beberapa yang sudah ditindaklanjuti dengan denda administratif yakni ada sekitar 61 pelaku usaha. Dari jumlah itu juga sebagian sudah melakukan pembayaran," kata Slarmanat kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (6/7/2020).

Dijelaskan, denda administratif yang dikenakan sebesar Rp. 5 juta dan masuk langsung ke kas daerah.

“Bagi pelaku usaha yang telah dikenakan denda administratif, jika dalam PSBB lanjutan mereka masih melakukan pelanggaran maka mencabutan izin usaha,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelanggaran yang tidak menggunakan masker, terdapat 9 pelanggaran yang dikenakan denda Rp 50 ribu/orang.

Dirinya mengatakan, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa disiplin dan taat terhadap peraturan. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!