Sekilas Info

Wamendag: Pandemi Covid-19 Ubah Perilaku Warga Berbelanja

PELUNCURAN APLIKASI - Wamendag Jerry Sambuaga (tengah) didampingi Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (kiri) dan Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler (kanan) saat meluncurkan aplikasi Ambon Access di Balai Kota Ambon, Rabu (28/10/2020).

AMBON – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yang meluncurkan aplikasi ambonaccess, karena program ini selaras dengan ide dari Presiden Joko Widodo untuk menciptakan digitalisasi pasar apalagi situasi pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku warga dalam berbelanja.

"Saya berikan apresiasi, ini selaras dengan ide dan saran dari Pak Presiden Joko Widodo dimana sebelum pandemic Covid-19, beliau meminta kami untuk merubah pasar tradisional menjadi pasar digital. Namun ketika Covid-19, merubah semuanya dimana perilaku masyarakat berubah dengan melakukan transaksi berbelanja secara online," ungkap Sambuaga saat meluncurkan aplikasi Ambon Access di Balai Kota Ambon, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, Ambon Access secara prinsip sangat baik manfaatnya untuk masyarakat, karena selain mendigitalisasi dan memodarisasi pasar tetapi juga membuat segala sesuatu menjadi praktis dan bisa meningkatkan protokol kesehatan.

"Jadi tidak hanya digitalisasi pasar, ini juga meningkatkan aktivitas perdagangan dengan perhatikan protokol kesehatan karena disana ada transaksi non tunai, tanpa harus kontak erat," ungkap mantan Sambuaga yang juga mantan anggota DPR RI ini.

PELUNCURAN APLIKASI - Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan sambutan saat meluncurkan aplikasi Ambon Access di Balai Kota Ambon, Rabu (28/10/2020).

Ia menilai aplikasi ini merupakan salah satu contoh yang baik untuk daerah yang lain.

"Kebetulan kami sebelum ke Ambon, kami keliling ke daerah lain untuk mensosialisasi digitalisasi pasar, karena hal dapat meningkatkan aktivitas perdagangan karena memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, Ambon Access adalah salah satu uji publik kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan publik yang cerdas.

“Saat ini semua transaksi menggunakan aplikasi, sehingga dengan adanya ambon access sangat mempermudah masyarakat. Saya sangat yakin dengan aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan," katanya.

PELUNCURAN APLIKASI - Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan sambutan saat meluncurkan aplikasi Ambon Access di Balai Kota Ambon, Rabu (28/10/2020).

Sebagaimana diketahui, aplikasi Ambon Acces merupakan upaaya mewujudkan Kota Ambon sebagai smart city yang terintegrasi dengan kebutuhan informasi publik kota Ambon, pembayaran/pembelian transaksi keuangan dan berbelanja online (marketplace).

Aplikasi Ambon Access, memudahkan masyarakat Kota Ambon khususnya dalam mendapatkan informasi mengenai program acara, berita dan informasi lainnya.

Selain itu, mempermudah proses transaksi masyarakat Kota Ambon tanpa menggunakan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Aplikasi ini juga memberikan wadah bagi kegiatan wirausaha masyarakat Kota Ambon untuk lebih kreatif dalam memasarkan barang yang akan diperjualbelikan. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!