Sekilas Info

Terima Pataka Polda Maluku, Ini Komitmen Irjen Refdi Andri

TERIMA PATAKA - Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri (kanan) menerima Pataka Polda Maluku “Salawaku Emarina” dari mantan Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar di Rupatama Mapolda Maluku, Kamis (26/11/2020) sore.

AMBON - Pasca serah terima jabatan, Irjen Pol Baharudin Djafar resmi menyerahkan Pataka Polda Maluku “Salawaku Emarina” kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri.

Penyerahan Pataka Polda Maluku dari pejabat lama kepada pejabat baru Kapolda tersebut dipusatkan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda Maluku, Kamis (26/11/2020) sore.

Setelah menyerahkan Pataka Polda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar langsung pamit untuk kembali ke Jakarta.

"Rangkaian kegiatan serah terima jabatan Kapolda telah berjalan sampai sekarang kita laksanakan dengan baik tanpa ada kekurangan sesuatu apapun. Saya selaku mantan Kapolda Maluku merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah melaksanakan tugas dengan baik smpai dengan saat skarang ini. Ini semua berkat keseriusan rasa tanggung jawab yang ada di pundak seluruh jajaran yang selama ini saya pimpin," ungkap Djafar.

Dikatakan, saat ini bersama keluarga memohon pamit dari Kota Ambon Maluku untuk kembali ke Jakarta sekaligus persiapan masa pensiun.

"Selama ini tentu ada hal yang tidak berkenan, ucapan tindak-tanduk perintah bahkan laporan yang saya terima mungkin ada yang tidak sepantas saya ucapkan pada kesempatan ini saya memohon maaf. Saya manusia biasa tidak luput dari salah dan masa yang akan datang saya memasuki masa pensiun saya hanya ingin seluruh rekan-rekan pernah bertugas dengan saya mudah-mudahan dapat melanjutkan tugas ini. Mohon sampaikan salam hormat kepada seluruh keluarga. Hari ini  saya mohon diri mohon didoakan. Saling mendoakan semoga Allah masih mempertemukan kita," katanya.

Sementara itu, usai menerima Pataka Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri  menyampaikan apresisasi dan terima kasih kepada Irjen Baharudin Djafar yang telah memimpin Polda Maluku dengan sangat baik, untuk itu tugasnya hanya meneruskan tongkat kepemimpinan tersebut.

“Pejabat lama kakanda kami sudah meletakan pondasi yang kuat, kerjasama beliau secara internal  dan hubungan beliau secara internal,  berkoordinasi dengan seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat maupun semua lapisan pemuda. Penjabat baru ini  hanya melanjutkan,  merubah dan memperbaharui  tetapi  menurut saya tidak ada yang perlu dirubah atau diperbaharui karena beliau sudah melakukan sesuatu dengan sangat baik,” tandasnya.

Karena itu, saat ini sebagai Kapolda baru ada dua agenda besar yang menjadi priorotasnya diawal jabatannya.

Kedua agenda adalah  pengamanan Pilkada di empat kabupaten dan agenda pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Tentu agenda  kita kedepan yang utama adalah bagaimana mengamankan pilkada  di empat kabupaten dengan sangat baik, sehingga tercipta pemilu yang aman, tertib, lancar dan damai.  Inilah yang  jadi harapan saya, kepada semua satuan di daerah terkhusus penyelenggara pilkada. Mari kita ciptakan situasi di Pilkada berjalan dengan baik sehingga kita bisa menjadi acuan.  Saya yakin dengan bantuan  dan partisipasi masyarakat segala sesuatu bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, agenda  pengamanan Natal dan Tahun Baru, dirinya berharap seluruh jajaran dapat berkeja maksimal dalam melakukan pengamanan serta tetap memprioritaskan protokol kesehatan.

“Dua agenda ini  harus dibarengi dengan protokol kesehatan yakni, jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. Ini harus kita sosialisasikan, apalagi saat ini kita  sementara saat ini masih lakukan operasi yustisi, sehingga dengan sosialisasi masyarakat paham tujuan baik untuk mendisiplinkan dan menyehatkan masyarakat, dengan bagitu dampaknya juga dapat berpengaruh pada ekonomi kita yang dapat tumbuh sebagaimana harapan pemerintah,” kata mantan Kakorlantas Polri ini.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya menjabat Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri mengemban tugas sebagai Koordinator Staf Ahli (Korsahli Kapolri) sementara Irjen Pol Baharudin Djafar mendapat tugas baru sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!