Sekilas Info

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan di Wilayah Maluku

Ilustrasi

AMBON - Masyarakat Provinsi Maluku dihimbau dalam sepekan kedepan (21 – 27 Mei 2021) untuk tetap waspada potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang) selama musim hujan, penurunan jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, dan pohon tumbang.

Hal itu diungkapkan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Kamari dalam siaran persnya, Kamis (20/5/2021).

Dijelaskan, berdasarkan pola hujan secara klimatologi, beberapa wilayah di Maluku yangmemasuki musim hujan diantaranya Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Hasil analisis menunjukkan posisi Madden Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif pada kuadran 3 dan diprakirakan aktif pada kuadran 4 dalam sepekan ke depan,” jelasnya.

Ia mengatakan angin timuran masih mendominasi wilayah Maluku.

“Kondisi suhu permukaan laut juga cenderung menghangat khususnya di Laut Banda dan Laut Seram sehingga mendukung tersedianya suplai uap air untuk pertumbuhan awan-awan hujan,” katanya.

Secara lokal, menurutnya, pertumbuhan awan-awan hujan (Cumulonimbus) yang menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat masih berpotensi terjadi.

“Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah: Kota Ambon, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Aru,” tandasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!