Sekilas Info

6 Tahun Beruntun Pemkab Malra Dapat Opini WTP

AMBON - Selama 6 tahun berturut-turut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Hal itu dicapai setelah LKPD Pemkab Malra tahun 2020 juga mendapat opini WTP.

Hasil pemeriksaan diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Maluku Muhammad Abidin dan diterima oleh Bupati Malra, M Taher Hanubun didampingi DPRD dan pejabat Lingkup Pemkab Malra yang dilakukan secara virtual, Senin (31/5/2021).

Kepala BPK Perwakilan Maluku Muhammad Abidin dalam sambutannya mengatakan, BPK sesuai hasil pemeriksaan menemukan kelemahan sistem pengendalian intern dalam penyusunan laporan keuangan dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan pada LKPD tahun anggaran 2020 di Kabupaten Malra.

"Kelemahan itu antara lain, pengelolaan pendapatan daerah belum memadai provisi sumber daya hutan dari realisasi belanja modal ganti rugi tanah tanaman belum disetor ke kas negara, penatausahaan kas pada belanja penerimaan badan pendapatan daerah tidak tertib serta pengelolaan dan pencatatan aset tetap belum sepenuhnya memadai," katanya.

Walau begitu, menurut Abidin, BPK menilai kelemahan yang ditemukan tersebut tidak material dan signifikan yang dapat mempengaruhi kewajaran penyajian laporan keuangan tahun anggaran 2020 sehingga BPK memberikan kesimpulan opini WTP atas LKPD Kabupaten Malra untuk tahun 2020.

Abidin berharap, capaian dan hasil berdasarkan LHP BPK dapat dipertahankan. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!