Sekilas Info

LKPD SBB 2020 Masih Tetap WDP

SERAHKAN LHP - Kepala BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Muhammad Abidin saat menyerahkan LHP LKPD Pemkab SBB secara virtual dipusatkan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Ambon, Jumat (4/6/2021)

AMBON - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Labupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Opini ini diberikan saat penyerahan Laporan Hasil pemeriksaan (LHP) LKPD tahun 2020 yang dilakukan BPK secara virtual, Jumat (4/6/2021).

LHP itu diterima oleh Wakil Bupati Timotius Akerina bersama DPRD Kabupaten SBB.

Opini yang diberikan BPK terhadap LKPD kabupaten SBB tahun 2020 ini belum mengalami peningkatan opini dari tahun anggaran sebelumnya atau masih tetap WDP.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Muhammad Abidin menjelaskan dari hasil audit LKPD Kabupaten SBB ditemukan penyusunan LKPD Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun Anggaran 2020 belum memadai, pengelolaan kas belum memadai dan belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan Penatausahaan aset tetap belum tertib dan tidak memadai.

Dari kelemahan-kelemahan tersebut, jelas Abidin diantaranya permasalahan pengelolaan kas belum memadai dan belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan permasalahan penatausahaan aset tetap belum tertib dan tidak memadai, yang mempengaruhi kewajaran penyajian laporan keuangan LKPD Kabupaten SBB.

"Permasalahan pengelolaan kas belum memadai dan belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan permasalahan penatausahaan aset tetap belum tertib dan tidak memadai, yang mempengaruhi kewajaran penyajian laporan keuangan LKPD Kabupaten SBB sehingga BPK memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian atau WDP atas LKPD Kabupaten SBB Tahun Anggaran 2020," jelas Abidin. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!