Sekilas Info

Pasca Gempa M 5,9, BMKG: Terjadi 26 Kali Gempa Susulan di Wilayah Malteng

AMBON, MalukuTerkini.com – Pasca gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 5,9 mengguncang wilayah Pulau Ambon, dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, Kamis (4/11/2021) pukul 11.42 WIT telah terjadi 26 kali gempa susulan.

“Hingga Kamis (4/11/2021) pukul 15.15 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 26 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” jelas Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Herlambang Hudha kepada malukuterkini.com, Kamis (4/11/2021).

Dikatakan, kekuatan magnitudo gempa susulan itu bervariasi mulai dari M 2,5 – M 4,2.

“Telah terjadi 26 gempa susulan, namun kekuatan magnitudonya tidak sebesar yang awal dan hanya bervariasi mulai dari M 2,5 – M 4,2,” katanya.

Sebagai diketahui, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,77° LS;129,39° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah Timur Laut Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 12 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannnya yang diterima malukuterkini.com, Kamis (4/11/2021) mengaku dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Seram Utara (North Seram Thrust).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (Oblique Thrust Fault),” ungkapnya.

Guncangan gempa bumi ini, katanya, dirasakan di daerah Sawai V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Wahai IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Ambon, Masohi dan Saparua III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!