Sekilas Info

Ini SAE Lapas Ambon yang Diresmikan

AMBON, MalukuTerkini.com - Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Selasa (9/11/2021) diresmikan.

Sejumlah sarana asimilasi dan edukasi yang dikelola Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lapas Kelas IIA Ambon ini terdiri tempat pencucian mobil dan motor, pengguntingan rambut (salon) untuk pria, Pembuatan Batako Pres, Pertanian dan galeri hasil karya WBP.

Lokasi SAE ini berada di pelataran Lapas Ambon dan terbuka untuk umum.

"Hari ini Lapas Ambon melakukan peresmian sarana asimilasi dan edukasi narapidana berupa pencucian mobil, pengguntingan rambut, pembuatan batako pres, pertanian dan galeri hasil karya napi. Ini merupakan tindak lanjut dari beberapa bulan lalu melaksanakan kegiatan pelatihan kemandirian kepada napi bekerjasama dengan Disperindag Provinsi Maluku, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, SMKN 5 dan SMKN 3 Ambon," jelas Kalapas Ambon, Saiful Sahri kepada malukuterkini.com disela-sela peresmian tersebut.

Sarana ini kata Saiful yang juga sebagai Plt Kadivpas Kanwil Kemenkumham Maluku ini juga  dimaksudkan memberikan bekal kemandirian bagi narapidana ketika kembali ke tengah masyarakat, apa yang diberikan menjadi modal mereka menjadi mandiri dan untung menjaga ketahanan ekonomi keluarga dan mereka tinggal.

"Kita berharap dukungan semua masyarakat dan semua stakeholder yg membantu mewujudkan napi yang mandiri," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Ombudsman Perwakilan Maluku Hasan Slamat yang hadir dalam peresmian memberikan apresiasi kepada Lapas Ambon.

Baginya lapas Ambon sudah menjadi percontohan bagi seluruh UPT jajaran Kemenkumham Maluku dan tentunya ini terus dikembangkan.

"Kami sangat mengapresiasi sekali apa yang dilakukan lapas Ambon. Hal ini harus berkelanjutan dan setelah ini harus disiapkan para napi yang akan asimilasi . Ini kerja keras, kerja cerdas dan kerja luar biasa dan ini bisa dilakukan  punya kepedulian. Semua orang boleh pintar tetapi belum tentu peduli. nah yang dilakukan ini hanya orang-orang peduli  Sudah tentu ini menjadi role model. Lapas Ambon menjadi role model. Ini contoh baik dan harus ditiru. Dan diharapkan seluruh lapas yang ada di Maluku bisa mencontoh ini," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!