Sekilas Info

Waspadai Potensi Cuaca Buruk di Maluku, Ini Wilayahnya

AMBON, MalukuTerkini.com - Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan dengah intensitas sedang hingga lebat di wilayah Maluku terhitung Rabu (8/12/2021) hingga Rabu (15/12/2021.

"Waspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi di wilayah Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Naluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Makuku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Taninbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya," ungkap Kepala - Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Kamari dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Ia menhimbau warga untuk tetap waspada potensi cuaca buruk (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang) selama musim hujan, penurunan jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Kamari merincikan hasil analisis Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon menunjukkan Indeks Osilasi Selatan beriilai _13,8 yang mengindikasikan adanya suplai uap air dari Samudera Pasifik Barat yang berpemngaruh signifikan terjadap aktivasi potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia Bagian Timur.

"Selain itu adanya gelombang Kelvin aktif di wilayah Maluku menandakan adanya peningkatan aktivitas konveksi di atmosfer yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan-awan hujan. Hasil analisis juga menunjukkan adanya angin barat yang masih dominan di wilayah Maluku," rincinya.

Tak hanya itu, katanya, potensi cuaca buruk juga pertumbuhan awan hujan (cumulonimbus) yang menyebabkan hujan dengan instensitan sedang hingga lebar disertai kilat/petir dan angin kencangg sesaat masih berptensi terjadi. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!