Sekilas Info

SPKLU Pertama Beroperasi, Pemkot Ambon Jajaki Mobil Listrik Jadi Kendaraan Operasional

AMBON - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara  resmi beroperasi di Kota Ambon, Senin (17/1/2022).

Peresmian yang dilakukan untuk melayani kebutuhan pengisan ulang (charging) baterai pemilik mobil listrik di Kota Ambon dipusatkan di Unit Layanan Pelanggan Area PLN Ambon, serta turut dihadiri oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bersama para pimpinan OPD terkait di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, langkah konkrit akan dilakukan Pemkot Ambon agar pengadaan kendaraan operasional pimpinan daerah dan OPD menggunakan mobil listrik jenis MPV.

“Hanya sayangnya, mobil listrik jenis MPV belum ada di kota Ambon, kalau ada kita buat edaran untuk semua pimpinan pakai mobil listrik. Dan itu bisa menjadi contoh buat yang lainnya, karena 2030 itu impor BBM akan dihentikan dan secara perlahan–lahan akan dikonversi ke mobil listrik,” ungkapnya

Ia juga memberi apresiasi atas peresmian SPKLU pertama di Provinsi Maluku dan Maluku Utara dimana kota Ambon menjadi contoh bagi kota/kabupaten lainnya.

“Ini salah satu charging station yang pertama untuk Maluku – Maluku Utara dan Ambon jadi contoh untuk itu,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager (GM) PT PLN (Persero) Wilayah Maluku – Maluku Utara, Adams Yogasara, menjelaskan, SPKLU untuk mobil listrik jenis yang diluncurkan merupakan jenis fast charging dengan kapasitas 50 kW, dimana untuk pengisian baterai dari nol hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu 45 menit.

Sebagaimana diketahui, selain Kota Ambon peresmian SPKLU secara serentak juga dilaksanakan PT PLN (Persero) Regional Sulmapana, di Kota Manado, Kendari, Labuan Bajo, Mataram dan Jayapura. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!