Sekilas Info

Pilkades Galala, Dua Calon Sampaikan Visi-Misi

AMBON, MalukuTerkini.com - Dua Calon Kepala Desa (calkades) Galala, Kota Ambon yang siap berproses dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022, menyampaikan visi-misi secara terbuka, di hadapan ratusan warga, Minggu (3/4/2022).

Visi-misi disampaikan secara berurutan sesuai nomor urut calon. Dimulai dari nomor urut 1  Jemima Joris disusul nomor urut 2 Levinus Alberth Joris.

Jemima  Joris dalm orasinya, menyampaikan, visi yang diusungnya yaitu “Membangun Desa Galala Yang Jujur, Adil, Sejahtera, Berbudaya, Dan Religius Dalam Asas Kebersamaan Dan Gotong Royong”.

Visi itu, kemudian dijabarkan dalam enam misi, masing-masing mewujudkan pemerintahan desa yang jujur dan berwibawa; mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari, baik dengan pemerintahan maupun masyarakat; mewujudkan sarana dan prasarana yang memadai; meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa, serta usaha mandiri melalui program BUMDes; pelayanan kesehatan desa yang maksimal; serta meningkatkan kehidupan berdesa yang dinamis dan religius, dalam bingkai orang basudara yang bersifat gotong royong.

Selain itu, empat program kerja yang ditawarkan Jemima Joris, meliputi bidang pemerintahan, bidang pembangunan, bidang perekonomian dan bidang sosial.

Untuk bidang pemerintahan, disadari sungguh bahwa pemerintahan desa merupakan pemerintahan yang terkecil dari pemerintahan nasional. Yang mana, permasalahan dimulai dari desa, sehingga penting untuk mewujudkan pemerintahan desa yang jujur, bersih, dinamis dan profesional.

Untuk bidang pembangunan, pada prinsipnya sangat dibutuhkan untuk mengadakan perubahan dari sesuatu yang kurang baik menjadi baik, yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat. Dengan prioritas utama pada pembangunan akhlak dan pembangunan fisik.

Untuk bidang perekonomian, difokuskan pada peningkatan permodalan melalui Bumdes, bagi pelaku usaha mikro dalam pengingkatan usaha. Sedangkan untuk bidang sosial, ditindaklanjuti dengan memfungsikan kembali PKK sebagai wadah bagi penggunaan keluarga, terwujudnya profesionalisme kerja RT/RW, serta memaksimalkan Bumdes.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, calon Levinus Alberth Joris, menyampaikan, visi yang diusungnya dalam proses pesta demokrasi desa ini, yaitu “Mewujudkan Desa Galala Sebagai Desa Pesisir Yang Maju, Mandiri Dan Berbudaya, Melalui Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Transparan Dan Partisipatif”. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!