Sekilas Info

Penjabat Wali Kota Ambon Minta Pimpinan OPD Berinovasi

AMBON, MalukuTerkini.com - Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena, meminta para pimpinan Organisasi Peragkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kota Ambon untuk berinovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Hal ini disampaikan Wattimena saat penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Maluku di Balai Kota Ambon, Jumat (3/6/2022).

“Para pimpinan OPD harus tingkatkan inisiatif dan inovasi serta berkoordinasi secara baik, tidak bisa mental disuruh dulu baru kerja,” kata Wattimena dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Ombudsman RI Perwakilan Maluku Hasan Slamet serta para pimpinan OPD Pemkot Ambon.

Dijelaskan, ada banyak penilaian terhadap pelayanan publik Pemkot yang dilakukan oleh lembaga pemerintah maupun swasta, salah satunya dari Ombudsman RI melalui Penilaian kepatuhan yang dilaksanakan setiap tahun.

“Sebelum tiba pada penilaian tersebut, kita harus perbaiki semua yang kurang, sehingga semua OPD kedapatan siap dengan seluruh tugas dan tanggungawab masing – masing,” jelas Wattimena.

Menurutnya, dengan adanya penilaian kepatuhan standar pelayanan publik, maka jajaran OPD dapat mengetahui kekurangan yang dimiliki, sehingga dapat segera dilakukan langkah perbaikan.

“Ombudsman bersedia melakukan pendampingan, memberikan arahan dan petunjuk apa yang hrus diperbaiki jika ada yang masih kurang. Sedangkan yang sudah bagus harus dijaga dan dipertahankan,” ungkapnya.

Sementara kepada Kepala Ombudsman RI Perwakilan Maluku, Hasan Slamet mengatakan Penjabat Wali Kota telah meminta agar penilaian kepatuhan dapat dilakukan secara obyektif sehingga kekurangan yang dimiliki pemkot dapat diidentifikasi, dalam rangka peningkatan pelayanan publik sebagai salah satu kebijakan Prioritas.

“Saya minta pimpinan OPD dapat mendukung semua proses ini, dengan memenuhi apa yang diisyaratkan oleh Ombudsman,” katanya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!