Sekilas Info

Polres Buru Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

NAMLEA, MalukuTerkini.com - Polres Pulau Buru menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional, Senin (18/7/2022).

Upacara dipimpin langsung Kapolres Buru AKBP Egia F Kusumawiatmaja dan diikuti oleh para kabag dan Kasat Polres Pulau Buru dan Personil Polres Pulau Buru.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Buru, mengatakan saat ini kondisi tantangan tugas Polri ke depan semakin kompleks.

“Di sisi lain kebutuhan masyarakat semakin tinggi terhadap pelayanan kepolisian. Oleh sebab itu sangat diperlukan peningkatan sumber daya manusia yang prediktif responsibilitas dan transparansi keadilan atau yang  dikenal dengan presisi,” katanya.

Dijelaskan,  mencermati perkembangan kondisi sosial ekonomi masyarakat pada saat ini yang dihadapkan dengan Covid-19, tentunya sangat mempengaruhi lajunya pertumbuhan ekonomi.

“Hal tersebut juga sangat akan mempengaruhi atau  berpengaruh terhadap situasi keamanan lebih khususnya  di Maluku,” jelasnya.

Untuk itu kerja sama antar berbagai pihak terkait dengan kebutuhan pangan masyarakat perlu dilaksanakan sehingga semua permasalahan akan teratasi.

Saat ini menurutnya, perkembangan Covid-19 di Provinsi Maluku sudah berada dalam titik aman.

"Namun jangan sampai kondisi ini justru membuat kita lengah akan tetapi kita harus terus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan tetap memberlakukan secara disiplin protokol kesehatan yang ketat, sesuai aturan yang berlaku," ungkapnya.

Kapolda juga memberikan penekanan  kepada seluruh jajaran untuk dapat dipedomani oleh seluruh anggota Polda Maluku yaitu:

Pertama, awali setiap pelaksanaan tugas dengan berdoa sehingga setiap langkah kita selalu mendapat ridho dari Allah SWT.

Kedua, selalu waspada dan proaktif melakukan kegiatan kepolisian terutama kegiatan-kegiatan premitif dan preventif monitoring perkembangan distribusi sembako dan bantuan-bantuan program pemerintah lainnya.

Ketiga, tingkatkan terobosan-terobosan kreatif dan lakukan langkah proaktif dalam upaya memelihara kambtibmas.

Keempat, tingkatkan sinergitas dengan TNI dan seluruh elemen masyarakat, yang ada sehingga dapat memperkokoh hubungan baik dan akan meningkatkan stabilitas keamanan yang kondusif di wilayah hukum Polda Maluku.

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional proporsional dan prosedural sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Keenam, respon cepat dan tindaklanjuti segera setiap keluhan serta Laporan masyarakat yang memerlukan pelayanan perlindungan dan pengayoman.

Ketujuh,  hindari perbuatan yang dapat merugikan dan merusak nama baik institusi keluarga dan diri sendiri Tampilkan sikap dan keteladanan sebagai objek utama daripada nusa dan bangsa. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!