Sekilas Info

Dukung Ketahanan Pangan, Lantamal Ambon Tanam Sorgum

AMBON, MalukuTerkini.com – Jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon melakukan penanaman sorgum di Dusun Karang-Karang, Desa Poka, Ambon, Jumat (9/9/2022).

Penanaman sorgum dilakukan sebagai bentuk kampanye bahan makanan alternatif selain padi.

Penanaman dilakukan langsung oleh Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina,  didampingi Ketua Korcab IX DJA III Widiya Said Latuconsina bersama unsur dan stakeholder terkait juga petani binaan.

Program yang digaungkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono ini juga dilaksanakan secara serentak yang dipusatkan di Cariu, Bogor, Jawa Barat.

Adapun total bibit yang diserahkan di Lantamal IX sejumlah 35 kg, dan disalurkan juga ke Lanal-lanal di bawah jajarannya yaitu 20 kg bibit untuk Mako Lantamal IX dan 5 kg untuk Lanal Aru, Saumlaki dan Tual. Sedangkan lahan yang digunakan untuk media tanamnya di Lantamal IX seluas 3 hektar, Lanal Aru 1 hektar dan Saumlaki 1 hektar serta Lanal Tual seluas 1,5 Ha.

Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina  menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para hadirin undangan stakeholder terkait yang sudah berkenan hadir dalam acara ini.

"Disinilah bentuk pengabdian kita terhadap bangsa dan negara, salah satunya dengan mendukung penuh program-program yang dijalankan pemerintah, dalam program ketahanan pangan nasional ini," ungkapnya.

Dengan melaksanakan program penanaman sorgum diharapkan ada peningkatan kualitas, ketahanan pangan dan keberagaman pangan, guna mendukung pemerintah melakukan penerapan budidaya pertanian yang baik dan penanganan pascapanen yang baik, pemenuhan Standar Nasional Indonesia (SNI), serta Pemenuhan Sanitary dan Phytosanitary (SPS) yang akan terus dijaga. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!