Sekilas Info

Pemprov Maluku & DKI Jakarta Kerjasama Kembangkan Potensi Daerah

JAKARTA, MalukuTerkini.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dengan Pemerintah DKI Jakarta, Selasa (27/9/2022) menjalin kerjasama.

Kerjasama antara dua provinsi ini tertuang dalam kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Proses penandatanganan dipusatkan di  Balai Kota DKI Jakarta.

Kesepakatan bersama antara Maluku dan DKI Jakarta terkait pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

Kesepakatan bersama ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi pihak untuk menyelaraskan program dan kegiatan sebagai upaya pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik dan bertujuan untuk meningkatkan pengembangan potensi daerah secara optimal secara efektif dan efisien sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Kerjasama ini meliputi bidang sumber daya manusia, pariwisata dan ekonomi kreatif, kebudayaan, ketahanan pangan dan pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Proses penandatanganan antara Pemprov Maluku dan Pemprov DKI Jakarta ini bersamaan dengan penandatangan kerjasama Bank DKI dan PT Bank Maluku-Maluku Utara.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail berharap melalui kerjasama ini agar selain pencapaian modal inti bank telah terkonsolodasi juga dapat meningkatkan pengembangan Bank Maluku Maluku Utara ke depan, baik dari produk layanan, teknologi, pengembangan SDM maupun penguatan likuditas dan permodalan.

Gubenur menyebutkan, kerjasama ini  juga merupakan langkah awal bagi upaya kedua belah pihak untuk memperkuat sinergitas demi pengembangan bisnis, tak hanya di lingkup regional DKI, Maluku dan Maluku Utara, tetapi juga lingkup nasional.

Menurutnya, Provinsi Maluku dan Maluku Utara sendiri memiliki potensi alam berupa hasil bumi dan hasil laut yang cukup menjanjikan bagi perkembangan perekonomian secara regional maupun nasional sehingga dengan adanya sinergitas ini, potensi-potensi yang ada di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, maupun di DKI Jakarta dapat kita gali dan kembangkan bersama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat ke depan.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan juga berharap, melalui adanya sinergi ini, akan meningkatkan daya tahan, kontribusi, inovasi dan daya saing dari Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara melalui peningkatan skala usaha dan permodalan.

"Selamat kepada Bank DKI atas terjalinnya kolaborasi bersama Bank Maluku Malut dalam pembentukan Kelompok Usaha Bank.  Semoga niat baik serta ikhtiar yang dilaksanakan senantiasa mendapatkan ridho Allah SWT, juga dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua, khususnya Bank DKI, Bank Maluku Malut maupun pihak-pihak yang terlibat di dalamnya," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!