Sekilas Info

BNNP Maluku Canangkan Kailolo & Batu Merah Jadi Desa BERSINAR

AMBON, MalukuTerkini.com - Salah satu program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) digagas oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku adalah Desa Bersih dari Narkoba (BERSINAR).

Program ini berjalan setiap tahunnya, dan tahun 2022 Desa Kailolo Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah  (Malteng) dan Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon terpilih menjadi desa bersinar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNN Provinsi Rohmad Nursahid, dalam keterangannya, Rabu (20/10/2022) di kantor BNN Provinsi Maluku.

"Launching Program Kerja Desa BERSINAR” yang menjadi salah satu Pilot Project Tingkat Nasional BNN Republik Indonesia yang telah dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Kailolo, Kabupaten Maluku Tengah pada tanggal 6 Oktober 2022 dan di Desa Batu Merah, Kota Ambon pada tanggal 13 Oktober 2022," jelas Nrsahid.

Dikatakan, Desa bersinar adalah satuan wilayah setingkat keluarahn/desa yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyakahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara masif.

Adapun Pelaksanaan kegiatan Desa Bersinar bertujuan untuk mengimplementasikan Program P4GN demi terwujudnya pelaksanaan desa bersih narkoba.

Program Desa/Kelurahan Bersinar merupakan program unggulan yang melibatkan partisipasi aktt dan komitmen perangkat daerah bersama masyarakat desa dalam fasilttasi, pendampingan dan pembinaan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Bahkan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 dalam rangka Penguatan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Preskusor Narkotika, Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku melaksanakan Fasilitasi ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan desa.

Dengan adanya dua desa bersinar ini, BNNP Maluku bekerasama dengan Forkopimdes Pemerintah desa, raja, saniri Negeri, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di Kota Ambon sebagai salah satu unsur dari upaya optimalisasi peran tiga pillar. Peningkatan kapasitas aparat pemerintah kota serta pemerintah provinsi dalam membina kabupaten/kota, dan meningkatkan koordinasi dan Kerjasama lintas pemangku kepentingan dalam memfasilitasi kegiatan desa bersih narkoba dan telah disahkan SK Tim Terpadu oleh Walikota Ambon dan SK Desa BERSINAR di dua desa.

"Terlaksananya program kerja desa bersinar tidak terlepas dari peran dan partisipasi aktif serta komitmen dari bidang pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi serta bidang pemberantas dalam menyelenggarakan fasilitasi, pendampingan dan pembinaan P4GN," tandasnya.

Ia menambahkan ditahun-tahun sebelumnya, desa bersinar sudah dilaksanakan di sejumlah desa lainnya di Maluku dan akan terus berkelanjutan. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!