Sekilas Info

Puluhan Personel & ASN Polda Maluku Masuki Masa Purnabakti

AMBON, MalukuTerkini.com - Sebanyak 45 personel Polri dan ASN di jajaran Polda Maluku memasuki masa purnabakti.

Puluhan personel tersebut dilepas dalam upacara purnabakti dan wredatama yang dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif di Mapolda Maluku, Tantui - Ambon, Senin (5/12/2022).

Upacara Purnabakti dan Wredatama ini turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Irwasda Maluku, dan para pejabat utama Polda Maluku.

45 personel dan ASN Polri yang bertugas di Polda Maluku tersebut tercatat sudah memasuki masa pensiun periode bulan Januari - Desember 2022.

Mereka terdiri dari 28 Perwira Menengah, 14 Perwira Pertama, 1Brigadir  dan 2 ASN.

Setelah upacara Purnabakti dan Wredatama digelar, dilanjutkan dengan pelaksanaan tradisi pedang pora sebagai bentuk penghargaan kepada para purna yang telah mengabdi kepada institusi Polri.

Kapolda Maluku, Lotharia Latif, dalam acara ramah tamah mengaku pada hakikatnya kegiatan upacara purnabakti merupakan bentuk penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat setinggi-tingginya dari segenap kesatuan.

Kegiatan ini, kata Kapolda, juga merupakan bentuk dari rasa kecintaan terhadap anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif di institusi Polri.

"Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai pengikat tali persaudaraan serta ikatan batin para Purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota Polri yang masa aktif sebagai generasi penerusnya," katanya.

Kapolda menjelaskan, keberhasilan tugas kepolisian berikut perkembangan Polri tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Termasuk didalamnya dari sumbangsih dan Dharma Bakti para Purnawirawan Polri baik sejak aktif hingga sekarang,

"Di mana hal ini terbukti dengan persatuan Purnawirawan Polri yang menyatakan sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara dan senantiasa tetap Patuh serta setia kepada Tribrata dan Catur Prasetya," ujarnya.

Menurutnya, purna tugas bukan berarti kita berhenti untuk berkarya. Namun ini merupakan wadah atau babak baru dalam mengembangkan minat bakat dan rencana-rencana yang belum terealisasi. Karena selama ini bertugas sebagai anggota Polri sehingga hal rencana tersebut tidak dapat dilakukan.

"Hal ini merupakan sifat alamiah yang hendaknya disikapi dengan keikhlasan, karena masa pensiun bukan merupakan suatu hal yang menakutkan, namun lembaran baru yang akan dibeli oleh kita semua," ungkapnya.

Selaku Kapolda Maluku, ia juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota Polri dan Wredatama ASN Polda Maluku yang telah selesai melaksanakan tugas.

"Para anggota Polri ini telah menjadi contoh yang luar biasa bagi pelaksanaan tugas Polri karena dapat mengakhiri pengabdian sebagai anggota Polri dengan baik dan saya berharap tetap menjadi agen Polri di masyarakat," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!