Sekilas Info

Terluka Saat Konflik Antar Warga, Eks Wakapolres Tual Terima Penghargaan

AMBON, MalukuTerkini.com - Eks Wakapolres Tual, Kompol Syahirul Awab menerima penghargaan dari Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Kompol Awab menerima penghargaan atas prestasi mengutamakan pelaksanaan tugas pemeliharaan Kamtibmas saat menjabat sebagai Wakapolres Tual dengan cara mampu melerai dan mengendalikan masa yang bertikai dalam kondisi terkena panah pada bagian paha sebelah kanan guna mencegah dan meredam konflik sosial sehingga tidak meluas.

Kejadian itu terjadi saat bentrok antar kedua kelompok warga di Kota Tual pecah di perempatan Jalan Johanes Leimena, tepatnya di Kelurahan Ketsoblak, Kecamatan Dullah Selatan, Sabtu 16/2022) sekitar pukul 00.30 WIT.

Selain Kompol Awab, satu personel Ditsamapta Polda Maluku Bripda Ilham Akbar juga menerima penghargaan atas prestasi yang sama ketika melaksanakan tugas saat penanganan konflik di Tual  dan mengalami luka panah pada bagian dahi kiri.

"Kita berikan penghargaan kepada tujuh personel Polri yang terdiri dari dua personil yang berprestasi atas pelaksanaan tugas kepolisian dalam penanganan konflik antar dua kelompok pemuda yang bertikai hingga mengalami luka panah dan cukup parah saat melaksanakan tugas di Polres Tual. Satu seorang pamen dan satu seorang Bintara yang hari ini kita berikan penghargaan ini. Untuk Bripda Ilham  itu kita langsung ke  RS Polri Kramat jati. Dokter sampaikan hampir 1 cm akan sentuh ke tulang maka lumpuh total seumur hidup," jelas Kapolda saat menyampaikan amanatnya pada upacara di Lapangan Chr Tahapary, Tantui – Ambon, Rabu (7/12/2022).

Selain keduanya, terdapat lima personel Polda lainnya yang ikut menerima penghargaan masing-masing dua personel Bidang Humas Polda Maluku yaitu Aipda Deddi Limehuwey dalam jabatan sebagai Ps Kaur Keuangan Subbagrenmin Bidang Humas Polda Maluku.

Prestasi yang dicapai adalah sebagai bendahara pengeluaran dengan kinerja terbaik dari seluruh satuan kerja Kementerian lembaga di Provinsi Maluku dalam hal penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara tahun 2021.

Briptu Irfan P Idris (Staf Urkeu Bidang Humas Polda Maluku) dengan prestasi sebagai dalam melaksanakan tugas sebagai staf bendahara pengeluaran dengan kinerja terbaik dari seluruh satgar satuan kerja kementerian/lembaga di Provinsi Maluku dalam hal penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara tahun 2021.

Aipda Markus Akollo (Bintara Subbagrenmin Ditlantas Polda Maluku) dengan prestasi memiliki integritas moral dan keteladanan berkelakuan baik dan berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas pengawalan Kapolda Maluku selama 15 tahun sejak tahun 2006 sampai tahun 2021.

Bripka Andri Setiawan (Bintara Urmintu Subbagrenmin SPN Polda Maluku) atas prestasi membuat produk kreatif dan inovasi dalam pembuatan aplikasi presensi SPN Polda Maluku.

Selanjutnya, Bripka Danny Limehuwey, Ps Paur Keuangan Urrenmin Spripim Polda Maluku atas prestasi telah melaksanakan tugas sebagai bendahara pengeluaran secara baik sehingga satker memperoleh peringkat dua kinerja pelaksanaan anggaran belanja terbaik kategori pagu menengah periode triwulan 2 dan triwulan 4 tahun 2021.

"Penghargaan juga kepada 3 personil berprestasi di bidang keuangan sebagai bendahara pengeluaran terbaik dari seluruh satuan kerja Kementerian lembaga provinsi Maluku dan satu personil berprestasi di bidang teknologi informasi kepolisian membuat produk kreatif dan inovasi dalam pembuatan aplikasi presensi absen  online dengan metode QR code dan satu personal berprestasi yaitu memiliki integritas moral dan keteladanan berkelanjutan baik dan penelitifikasi tinggi dalam melaksanakan tugas pengawalan pimpinan terutama Kapolda Maluku selama 15 tahun sejak tahun 2006 sampai tahun 2001," ungkap Kapolda.

Atas semuanya itu Kapolda menyampaikan beberapa hal penting untuk diperhatikan seluruh personel jajaran Polda Maluku.

"Pertama, tingkatkan iman dan taqwa dan terus selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita sekalian dengan memberikan profesi kita sebagai anggota Polri. Kedua, pahami dan pedoman kebijakan pimpinan dalam pelaksanaan tugas," ujar Kapolda

Ketiga, tingkatkan pembinaan anggota dan terapkan reward dan punishment terhadap anggota secara seimbang.

Keempat, laksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas karena tugas adalah sebuah amanah ibadah dan bagian dari profesi  sebagai anggota Polri yang harus dipertanggungjawabkan baik di masyarakat maupun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Kelima  tingkatkan terus disiplin dedikasi dan prestasi dalam pengabdian tugas kita," jelasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!