Sekilas Info

Inilah Inovasi yang Bikin SPN Polda Maluku Raih Penghargaan “SPN Berinovasi”

AMBON, MalukuTerkini.com – Kapolda Maluku memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku mendapat penghargaan “SPN Berinovasi” bidang Tenologi Informasi dari Mabes Polri .

Penghargaan tersebut diperoleh karena telah menggulirkan program Pelatihan Komputer (IT) bagi siswa Diktuba Polri. Pelatihan ini bekerjasama dengan sejumlah Perguruan Tinggi di Ambon. Pelatihan Komputer sendiri merupakan salah satu implementasi dari program Kapolda Maluku yaitu Basudara Manise.

Program Basudara Manise Polda Maluku tersebut saat ini berkolaborasi dengan program Kalemdiklat Polri. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang akan berdampak pada hasil didik siswa Diktukba Polri.

"Kepala SPN mewakili saya berangkat ke Mabes Polri. Sebetulnya ada tiga Kapolda yang diminta paparan oleh Mabes Polri yaitu Kapolda Kalimantan Timur, Kapolda Bali dan Kapolda Maluku. Karena ada program-program inovasi terobosan yang dianggap baik dan bisa menjadi contoh bagi Mabes Polri. Program yang saya gelar yang dianggap bagus yaitu Basudara Manise. Ini menjadi sesuatu yang menarik karena memang karakteristik di Polda Maluku ini kita musti jujur melihat adanya sedikit-sedikit terjadi persoalan dan harus kita selesaikan," jelas Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif di Ambon, Minggu (1/1/2023)..

Dengan program Basudara Manise, Kapolda mengaku telah meminta jajarannya mulai dari Bhabinkamtibmas, Kapolsek, hingga Kapolres agar senantiasa menyapa langsung masyarakat.

"Mereka harus selalu menyapa masyarakat dengan program duduk bacarita kamtibmas. Ini dilakukan sehingga bisa mengetahui persoalan yang terjadi dan dapat segera diselesaikan," ungkapnya.

Selain itu, program inovasi lainnya yaitu bekerjasama dengan sejumlah Kampus di Ambon untuk memberikan pelatihan komputer (IT) maupun pendidikan lainnya kepada siswa Bintara Polri.

"Kemudian Bintara kita latih komputer di Unpatti dan ini pun dianggap sebagai satu terobosan yang bagus. Kemarin saya perintahkan 177 Bintara Polri belajar di Unpatti karena rata-rata mereka kalau lulus mereka akan ditempatkan di setiap satker dan mereka rata-rata akan ditugaskan sebagai operator," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SPN Polda Maluku, Kombes Pol Daniel Prio Dwi Atmoko, menjelaskan pihaknya dalam penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan (Diklat) mengadakan kerjasama dengan Unpatti Ambon.

Daniel dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023) mengaku kerjasama yang digagas antara lain pelatihan komputer oleh Unpatti Ambon kepada siswa Diktuk Bintara Polri gelombang II tahun 2022.

Dengan adanya inovasi tersebut, menurut Daniel, Lembaga Pelatihan Polri (Lemdiklat) saat sidang pleno yang turut dihadiri Wakapolda Maluku serta seluruh jajaran Lembaga Pendidikan Polri di Indonesia pada Jumat (23/12/2022), menyatakan SPN Polda Maluku sebagai "SPN Berinovasi".

"SPN Polda Maluku diberikan penghargaan piala dan piagam sebagai "SPN Berinovasi" dalam bidang Informasi dan Teknologi dari 31 SPN di Indonesia," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga