Sekilas Info

Simak! Ini Laporan Kapolda Maluku kepada Panglima TNI & Kapolri Saat Malam Ganti Tahun

AMBON, MalukuTerkini.com – Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, melakukan monitoring pengamanan malam pergantian tahun 2022-2023.

Monitoring yang dilakukan dua petinggi TNI dan Polri di Maluku ini dilaksanakan di posko monitoring Polda Maluku di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui - Ambon, Sabtu (31/12/2022) malam.

Selain memonitoring situasi kamtibmas di Maluku, juga dilakukan video conference dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Kapolda Maluku Lotharia Latif diberikan kesempatan oleh Panglima TNI untuk melaporkan perkembangan situasi kamtibmas di provinsi Maluku.

Kapolda dalam laporannya mengaku saat ini lengkap bersama Forkopimda Maluku diantaranya Pangdam XVI/Pattimura, Kabinda Maluku, Danlanud Pattimura Ambon, dan Penjabat Wali Kota Ambon.

"Bapak Panglima dan Bapak Kapolri saat ini kami melaporkan dari pos pemantauan di lapangan Tahapary Ambon. Kami melaporkan bahwa kami menggelar 3.000 personil yang terdiri dari 1.900 personel Polri, 600 personel TNI dan 500 dari instansi terkait," ungkap Kapolda.

Ia mengatakan, di wilayah Maluku beberapa minggu terakhir menjadi konsen pihaknya dalam mengantisipasi arus moda transportasi laut. Hal ini sebagaimana informasi dari BMKG Ambon terkait kondisi perairan yang bergelombang dan tingginya curah hujan.

"Wilayah kita di Maluku ini 92% merupakan wilayah perairan, dan kami dari pihak Polair, TNI AL, kita terus melakukan patroli-patroli di pelabuhan-pelabuhan untuk mengingatkan masyarakat yang banyak beraktivitas menggunakan kapal laut," katanya.

Kapolda juga menyampaikan di wilayah Polres Tual saat ini telah dipecah menjadi Polres Maluku Tenggara, sehingga sejumlah personel juga ditempatkan khususnya di perairan.

"Karena memang di sini karakteristik di bulan Desember adalah cuaca ombak cukup tinggi dan hujan. Dan hari ini juga hujan tadi pagi dan kita semua justru berdoa malam ini jangan hujan biar masyarakat bisa merayakan tahun baru. Karena tahun lalu tidak merayakan karena kita sudah mengantisipasi," ungkapnya.

Kapolda juga melaporkan terkait pelaksanaan ibadah malam tahun baru 2023 di gereja-gereja di kota Ambon telah selesai dilakukan pada pukul 21.00 WIT.

"Kami juga melakukan pengecekan dengan Pangdam pada beberapa gereja. Dan pada saat perayaan Natal kami juga melaksanakan pengecekan pada Gereja Maranatha dan Katedral," ungkapnya.

Hingga malam ini, Kapolda menyampaikan secara umum kondisi Kamtibmas di Maluku dalam keadaan aman dan kondusif.

"Kita juga terus mengikuti informasi dari BMKG. Dan kejadian menonjol sementara ini belum ada. Dan beberapa titik yang biasa terjadi konflik kita lakukan penebalan dengan kekuatan di Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu, di mana hadir di situ TNI, Polri dan instansi terkait," katanya.

Kapolda pada kesempatan itu juga memohon doa dari Kapolri dan Panglima TNI. Ia berharap Polda Maluku dapat melaksanakan pengamanan malam tahun baru secara aman dan kondusif.

"Kami juga dari Polda Maluku mengucapkan selamat tahun baru semoga Bapak Panglima dan bapak Kapolri selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!