Sekilas Info

Simak! Ini Langkah Pemkot Wujudkan Ambon Bersih

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena

AMBON, MalukuTerkini.com - Pengelolaan sampah di Kota Ambon akan didelegasikan ke desa/negeri dan kelurahan.

Hal itu diungkapna Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena, saat memimpin apel perdana awal kerja di tahun 2023, di pelataran parkiran Balai Kota Ambon, Senin (2/1/2023).

Dikatakan, salah satu program prioritas yang sampai dengan saat ini belum memiliki hasil yang memuaskan adalah perwujudan Ambon Bersih.

“Kebijakan itu diambil agar permasalahan tersebut dapat dikembalikan ke tingkat paling bawah,” katanya.

Faktor yang mempengaruhi hal tersebut, menurutnya, kekurangan armada pengangkut sampah, dan kesadaran masyarakat terkait dengan waktu-waktu membuang sampah yang mengakibatkan kota ini tidak pernah luput dari sampah yang berserakan di jalan-jalan.

“Kita tidak bisa berharap masalah sampah ini dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) saja, akan tetapi harus diselesaikan secara bersama. Kades/Raja dan  Lurah akan bertanggung jawab secara teknis terhaap pengelolaan sampah di wilayahnya masing-masing, dan nanti akan diatur bersama dinas teknis dan OPD terkait,” ungkapnya.

Wattimena berharap, hal tersebut dapat segera terlaksana dengan tujuan agar permasalahan yang berkitan dengan program prioritas Ambon Bersih ini dapat terselesaikan.

“Saya berharap bahwa paling lambat di pertengahan Januari 2023 pengelolaan sampah ini sudah diserahkan kepada, Kades/Raja dan Lurah, termasuk dengan data berapa banyak sampah yang dihasilkan sehingga jumlah armada dapat diketahui dan dikerahkan sesuai dengan kebutuhan,” tandasnya.

Ia juga berharap, melalui kebijakan ini juga dapat membuat kota ini terlihat bersih di siang hari.

Turut hadir dalam apel perdana 2023 ASN di jajaran pemkot, Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse, bersama para Pimpinan OPD dan seluruh staf.  (MT-05)

Penulis:

Baca Juga