Sekilas Info

Catat! Inilah 3 Pemkab di Maluku yang Pelayanan Publiknya Rendah

AMBON, MalukuTerkini.com - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku merilis ada 3 pemerintah kabupaten (pemkab) yang memiliki kinerja Kepatuhan Pelayanan Publik rendah dari 11 Kabupaten/Kota di Maluku

“3 pemkab Dengan tingkat Kepatuhan Pelayanan Publik rendah (zona merah) yaitu Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya,” ungkap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat kepada wartawan di kantornya, Rabu (8/2/2023).

Dikatakan, diantaranya 11 pemkab/pemkot di Provinsi Maluku, tidak ada satu pun yang masuk zona hijau (Tingkat Kepatuhan Pelayanan Publik Tinggi), sedangkan 8 lainnya masuk zona kuning (Tingkat Kepatuhan Pelayanan Publik sedang). Pemprov Maluku juga masuk kategori zona kuning.

“Hal tersebut harusnya menjadi perhatian bersama dengan pihak ketiga pemkab tersebut, karena dengan masuk dalam zona merah, maka pemerintah bersama OPD-OPD harus secara berkala melakukan sinergitas untuk meningkatkan mutu pelayanan public,” katanya.

Menurut Hasan Slamat, hal yang paling dominan sehingga membuat ketiga pemkab itu masih masuk zona merah pada Kepatuhan Pelayanan publik disebabkan minimnya SDM serta infrastruktur yang memadai.

"Dimensi yang kita nilai yaitu terlihat jelas SDM. Yang mana SDM dalam memahami tupoksinya dalam menjalankan tugas selaku pemberi pelayanan kepada masyarakat, " ungkapnya.

Hal lain juga, jelas Hasan Slamat yaitu pengaduan dari pengguna layanan dalam hal ini masyarakat yang selama ini menerima atau mengalami pelayanan pada OPD-OPD yang dinilai.

"Misalnya ada penyimpangan, atau permintaan uang dari pemberi layanan, maupun menunda-nunda pelayanan. Itu semua kita nilai, " jelasnya.

Selain itu hal lain yang membuat pelayanan publik di 3 pemkab tersebut masih berada pada zona merah yaitu karena tidak adanya website untuk mendukung kinerja dari OPD-OPD yang menjadi fokus pelayanan publik.

"Jadi kita berharap semoga kedepannya 3 pemkab ini bisa  merubah sistem atau kinerja dari OPD-OPD dalam memberikan pelayanan publik secara baik dan maksimal," tandasnya. (MT-08)

Penulis:

Baca Juga