Sekilas Info

Polisi Duga Arus Pendek Listrik Pada AC Jadi Penyebab Kebakaran di FKIP Unpatti

AMBON, MalukuTerkini.com - Kebakaran yang menghanguskan ruang akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura (Unpatti) yang terletak di Kampus Poka, Ambon, Selasa (11/4/2023) diduga akibat arus pendek listrik pada blower AC.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau Lease, Ipda Janete Stepahanie Luhukay dalam keterangannya Selasa (11/4/2023) menjelaskan, kejadian kebakaran terjadi pukul 03.15 WIT.

"Sejumlah saksi mengaku tiba-tiba mendengar bunyi letusan dari arah ruangan Akademik FKIP Unpatti, sehingga menimbulkan rasa penasaran dan bergegas menuju lokasi asal bunyi tersebut dan melihat kobaran api dari dalam ruangan akademik," jelasnya.

Saat itu, katanya, saksi berusaha  berteriak meminta pertolongan, dan selang 5 menit security yang berjaga di Fakultas Kedokteran tiba di lokasi kebakaran dan langsung menendang pintu ruangan yang sementara tertutup.

“Setelah pintu ruangan di buka ia melihat kondisi api yang sudah membesar, sehingga ia berinisiatif kemudian menuju ke jalan raya dan meminta pertolongan di warga sekitar untuk menghubungi petugas kebakaran,” katanya.

Sekitar pukul 04.05 WIT, menurut Luhukay, 4 Unit mobil Damkar Kota Ambon tiba di TKP dan langsung berupaya memadamkan api yang sementara masih berkobar.  “Sekitar pukul 04.50 WIT api berhasil dipadamkan," ujarnya.

Akibat kebakaran, katanya, kerugian material satu unit ruangan Akademik hangus terbakar dan  diperkirakan  puluhan juta rupiah.

“Penyebab kebakaran di duga oleh arus pendek listrik pada blower AC," katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!