Sekilas Info

Safari Mitigasi, BMKG Cek Kesiapan Peralatan di Ambon

CEK PERALATAN – Petugas BMKG Stasiun Geofisika Ambon - Provinsi Maluku, mengecek sirini peringatan dini tsunami di Ambon, Rabu (19/4/2023).

AMBON, MalukuTerkini.com - BMKG Stasiun Geofisika Ambon - Provinsi Maluku, Rabu (19/4/2023) melakukan safari  mitigasi selama liburan Idul Fitri 1444 H tahun 2023.

Kepala BMKG Provinsi Maluku Djati Cipto Kuncoro kepada malukuterkini.com, Rabu (19/4/2023) menjelaskan, safari ini bertujuan agar peralatan BMKG selalu dalam posisi siap jika terjadi bencana.

“Peralatan utama  yang dicek yaitu Sirine Tsunami Rekayasa; Peralatan Diseminasi Kejadian Informasi Gempa Bumi dan Tsunami   WRS New Gen di kantor Gubernur Maluku, Balai Kota Ambon dan BPBD Provinsi Maluku; serta Display Informasi Cuaca di Bandara Patimura Ambon dan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon,” jelasnya.

Selain itu, Kata Djati, pihaknya juga mengecek kondisi peralatan sensor gempa bumi yang terletak di kawasan Negeri Tawiri, mengecek kesiapan rambu rambu evakuasi kesiapsiagaan bencana  serta mengecek kesiapan Posko Lebaran di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

"Jadi peralatan sirine tsunami berfungsi dengan baik, peralatan WRS New Gen di beberapa lokasi juga dalam kondisi normal dan informasi gempa sangat update," katanya.

Ia menambahkan, hasil Asessment sirine tsunami berbunyi dengan baik.

“Sensor gempa bumi juga dalam kondisi baik. Kesiapan rambu pada beberapa lokasi juga siap," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga