Sekilas Info

Pemkot Ambon Susun Rencana Kontigensi Banjir Bandang

AMBON, MalukuTerkini.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menggelar penyusunan rencana Kontigensi Banjir Bandang di Manise Hotel, Senin (7/8/2023).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena  dalam sambutan mengatakan, Kota Ambon termasuk kota yang rawan bencana geologi maupun hidrometeorologi.

"Rangkaian bencana di Kota Ambon khususnya pada beberapa tahun terakhir telah menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran mengenai kerawanan dan rentanan masyarakat," katanya.

Menurutnya, sikap kreatif dan pola penanggulangan bencana yang dilakukan dirasakan tidak lagi memadai, sehingga dibutuhkan sikap baru yang lebih proaktif, konfrensif dan mendasar dalam menyikapi bencana merupakan hal yang sangat dibutuhkan.

“Dibutuhkan suatu penataan dan perencanaan yang matang dalam penanggulangan bencana sehingga dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu dan terintegrasi. Rencana kontijensi merupakan proses identifikasi dan penyusunan rencana yang didasarkan kepada keadaan yang kemungkinan besar akan terjadi namun juga belum tentu terjadi. Penyusunan rencana kontijensi ini dilakukan bersama antar lembaga dengan penanggulangan bencana baik pemerintah maupun non pemerintah. Salah satu rencana siaga adalah adalah rencana kontijensi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, penanggulangan bencana di Kota Ambon yang dilakukan selama ini lebih cenderung pada dampak bencana.

"Beberapa kali dalam meninjau bencana di Kota Ambon saya selalu sampaikan bahwa, sebenarnya ada kejadian yang bisa kita antisipasi dimana dengan melihat kondisi lingkungan agar dapat mengurangi resiko bencana tersebut inilah yang dilakukan BPBD kota Ambon," jelasnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!