Sekilas Info

Bersama Prakerja, Bukalapak & RSK Gelar Kembangkan Kompetensi di Maluku

AMBON, MaukuTerkini.com - Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kualitas dan kapabilitas tenaga kerja Indonesia, Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja terus memperkuat kerjasama dengan Rumah Siap Kerja (RSP), salah satu Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja.

Melalui kerjasama ini, Bukalapak dan Rumah Siap Kerja berupaya memperluas kesempatan bagi masyarakat di seluruh nusantara, termasuk di timur Indonesia yakni Provinsi Maluku dalam berkarir dan berbisnis melalui beragam kelas pelatihan. Dengan begitu, kesempatan untuk mengembangkan kompetensi diri bisa semakin inklusif.

“Bukalapak ingin terus memberikan dampak positif tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia, tapi juga ke seluruh penjuru negeri, dari Sabang sampai Merauke. Menjadi bagian dari Program Kartu Prakerja tentunya membantu kami mewujudkan keinginan ini. Kami dapat menjangkau dan memberikan kesempatan para angkatan kerja di berbagai daerah untuk mengembangkan kompetensi diri. Dengan menggabungkan platform teknologi yang kami miliki dengan kolaborasi  bersama para lembaga pelatihan, termasuk RSP, kami berharap dapat senantiasa memberikan kesempatan bagi para peserta dan alumni Prakerja untuk menemukan kelas pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mereka”, tandas Nungky Aprilia, Head of Mitra Financial Services, dalam kegiatan Media Gathering di Ambon, Rabu (25/10/2023).

Sementara itu, Kevin Nurtanio, VP Product RSP menyampaikan, Rumah Siap Kerja telah bermitra dengan Bukalapak sejak tahun 2021 dan menjadi salah satu Lembaga Pelatihan terpopuler bagi peserta Prakerja di Bukalapak selama periode tahun 2023.

RSP sendiri merupakan wadah yang dibangun untuk mendorong anak muda berbisnis dan berwirausaha guna menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Melalui kelas-kelas pelatihan RSP yang tersedia di platform Bukalapak, kedua pihak telah membantu para peserta Prakerja memperluas kesempatan dalam mengembangkan skill untuk  mencari pekerjaan atau membangun usaha.

RSP telah menyediakan lebih dari 30 kelas pelatihan baik online maupun offline di Bukalapak. Topik pelatihan yang disediakan beragam mulai dari penjualan dan bisnis, pemasaran, pertanian, perkebunan, IT dan data, desain grafis, bahasa asing, hingga topik terkait pengembangan diri.

“RSP merupakan one stop services dalam menciptakan minat tinggi dalam kewirausahaan dan pengembangan profesional bagi generasi muda Indonesia. Melalui kerjasama dengan Bukalapak, kami dapat terus mewujudkan misi kami ini dengan memberikan  akses ke beragam kelas pelatihan bagi para peserta dan alumni Prakerja di seluruh penjuru nusantara”, ujarnya.

Ditempat yang sama Lydia Maria Kusnadi, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyampaikan, dengan membangun kultur belajar sepanjang hayat (lifelong learning) lewat Prakerja, secara tidak langsung kami ingin menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk terus meningkatkan kemampuan dalam dirinya di manapun dan kapanpun di tengah pasar kerja yang bergerak sangat cepat.

“Kami percaya bahwa setiap orang dari berbagai daerah dan lapisan berhak memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Dengan membangun kultur belajar sepanjang hayat (lifelong learning) lewat Prakerja, secara tidak langsung kami ingin menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk terus meningkatkan kemampuan dalam dirinya di manapun dan kapanpun di tengah pasar kerja yang bergerak sangat cepat," jelasnya.

Untuk diketahui Maluku menjadi salah satu daerah dengan kebutuhan ini. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat jumlah angkatan kerja di Maluku pada Februari 2022 sebanyak 876.813 orang, atau naik sebanyak 40.642 orang dibandingkan dengan Februari 2021 yaitu sebanyak 836.171 orang. Sedangkan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) di Maluku pada Februari 2022 sebesar 63,08 persen, turun dibanding TPAK 2021 yang mencapai 64,40 persen.

Hal ini menunjukan bahwa masih banyak potensi yang bisa dimaksimalkan oleh Prakerja untuk meningkatkan partisipasi kerja di Maluku.

Selain mengambil bagian di Prakerja sebagai digital platform, Bukalapak juga mendukung beragam inisiatif dari program ini, termasuk kegiatan Temu Alumni Prakerja yang akan diadakan di Ambon pada 26 Oktober 2023.  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!