Sekilas Info

Cokelat Sulamina Asal Malut Kembali Diekspor ke Inggris

AMBON, MalukuTerkini.com - Cokelat Sulamina tak hanya diminati oleh masyarakat Provinsi Maluku Utara (Malut) saja, namun juga memiliki daya tarik yang memikat hati pecinta cokelat di luar negeri seperti di Inggris.

Setiap tahunnya Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Malut selalu melakukan sertifikasi ekspor ke Inggris.

Mengawali tahun 2024, cokelat ini kembali melintasi batas negara untuk menyapa para pecinta cokelat di Inggris.

Sebanyak 2.200 kemasan atau setara dengan 176 kilogram cokelat batang telah melalui proses pemeriksaan dan sertifikasi oleh BKHIT Malut.

Cokelat-cokelat asal Kepulauan Sula – Malut ini akan memulai perjalanannya ke Inggris, Senin (29/1/2024).

"Sebelum dikirim ke Inggris, cokelat sudah kami periksa dan dipastikan aman untuk dilalulintaskan," ujar Artini, pejabat Karantina Tumbuhan yang bertugas.

Sementara itu, Kepala BKHIT Malut, Willy Indra Yunan mengatakan cokelat asli Kepulauan Sula – Malut itu sangat diminati di Inggris.

“Cokelat Sulamina ini rutin melakukan lapor karantina sebelum dilakukan ekspor. Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa produk-produk unggulan seperti cokelat Sulamina dapat melangkah ke pasar internasional dengan aman dan sesuai standar kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Linda selaku perwakilan pengekspor cokelat Sulamina, mengaku senang karena permintaan cokelat asal Sanana-Malut di Inggris cukup tinggi.

“Kami juga berterima kasih kepada Karantina Maluku Utara karena telah memfasilitasi sertifikasi ekspor dengan baik,” ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!