Sekilas Info

Akses Jalan Tehoru Terputus, Personel Kodim 1502/Masohi Dikerahkan

AMBON, MalukuTerkini.com - Akses jalan di jembatan Wai Kawanua, Negeri Tehoru, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) terputus, Kamis (23/5/2024).

Kejadian itu terjadi  pukul 09.00 WIT, akibat curah hujan tinggi mengakibatkan derasnya aliran sungai Kawanua  sehingga terjadi longsoran pada oprit Jembatan Wai Kawanoa dengan panjang sekitar 5 meter dan lebar sekitar 7 meter. Derasnya debit air hingga terjadi banjir  mengikis oprit jembatan.

Komandan Kodim 1502 Masohi,  Letkol Czi  Muhammad Yusuf Aksa langsung bergerak cepat dan mengerahkan personelnya untuk siaga bencana.

Tak hanya itu, koordinasi langsung dilakukan untuk menindaklanjuti kejadian longsoran mengakibatkan akses jalan terputus dan lalu lintas lumpuh total.

Dandim mengaku akibat kerusakan tersebut pengendara roda dua maupun roda empat dari arah Kota Masohi menuju Kecamatan Tehoru maupun sebaliknya, tidak bisa melewati akses Jembatan Wai Kawanua tersebut.

Bahkan pada beberapa badan jalan di sekitaran sungai Wai Kawanoa juga terendam banjir.

"Jembatan Wai Kawanua Negeri Tehoru Kecamatan Tehoru merupakan Jalur lintas Seram penghubung dua kabupaten diantaranya Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Tengah dan 3 Kecamatan diantarnya Kecamatan Siwalalat, Kecamatan Telutih, Kecamatan Tehoru.  Saat ini akses jembatan Wai Kawanua sementara terputus tidak bisa di Lewati oleh kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat untuk masyarakat yang akan melewati dengan berjalan kaki dihimbau oleh aparat keamanan yang berada dilokasi agar melewati dengan hati-hati," jelasnya.

Pasca kejadian itu aparat keamanan telah memasang police line di tempat longsoran tesebut dan menghimbau agar masyarakat pejalan kaki yang berusaha melewati longsoran tersebut agar berhati-hati.

Sementara itu aparat keamanan dalam hal ini juga personil TNI sudah dikerahkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang berada dan mendatangi lokasi longsoran tersebut.

"Kita juga telah melakukan pendampingan warga yang datang untuk menonton agar jangan sampai  terbawa arus sungai. Karena itu masyarakat diimbau untuk berhati-hati ketika berada di sekitar areal longsoran dan jembatan tersebut," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!