Sekilas Info

Penjabat Sekda Malteng Pimpin Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

MASOHI, MalukuTerkini.com - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Jauhari Tuarita menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sabtu (1/6/2024).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 berlangsung dibawah sorotan tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi dalam amanatnya  yang dibacakan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Jauhari Tuarita mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Tema ini, katanya, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilainilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika"," katanya.

Ia juga mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Turut Hadir Forkopimda,Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, ASN Lingkup Pemkab Maluku Tengah, PPPK dan perwakilan siswa SMA. (MT-07)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!