Sekilas Info

Unpatti Sosialisasi Beasiswa S2 Unggulan LPDP di CSU

AMBON, MalukuTerkini.com – Menuju World Class University, Universitas Pattimura (Unpatti) terus menunjukan eksistensinya dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menunjang pencapaian IKU dan  reputasi akademik serta peningkatan sumberdaya melalui berbagai kerjasama.

Kali ini Unpatti menyelenggarakan sosialisasi “Beasiswa S2 Unggulan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Central South University (CSU) bagi Mahasiswa Unpatti”.

Kegiatan ini digagas oleh International Office Unpatti yang berlangsung di Aula lt.2 Rektorat Universitas Pattimura, Kamis (6 Mei 2024).

Beasiswa Unggulan S2 ini merupakan program pendanaan kerjasama antara Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Pemerintahan Republik Indonesia (Kemenkomarves RI), Perusahaan Urban-Mining Tiongkok (GEM Co. LTD) dan juga Central South University (CSU).

Program beasiswa ini disampaikan langsung oleh narasumber Wang Yaning (Direktur RnD Teknologi Ultra, GEM Shenzhen dan Viola Pongajow (Awardee Batch 2).

Dalam paparannya para narasumber memberikan  berbagai penjelasan terkait keunggulan dan manfaat beawsisswa yang ditawarkan sejak tahun 2019 ini, dan GEM Co. Ltd telah berkomitmen untuk turut mewujudkan mimpi Indonesia Emas dengan terlibat secara aktif dalam melatih dan mendidik sumber daya manusia di Indonesia.

Di tahun ini, program beasiswa batch ke 4 diperluas kepada dua jurusan yaitu Jurusan Teknik Transportasi dan Jurusan Ekonomi dan Perdagangan Internasional.

Tujuan kedatangan tim program beasiswa dari Tiongkok ini untuk mempromosikan program beasiswa pendanaan penuh yang merekrut mahasiswa-mahasiswa Unpatti pada Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Ekonomi dan Bisnis. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dan alumni pada bidang ilmu lain yang juga ingin mendaftarkan diri.

Fokus ilmu yang ditawarkan adalah S2 Teknik Metalurgi dan Material (New Energy Materials)-M.Eng, S2 Teknik Transportasi (Railway)–M.Eng, dan S2 Ekonomi dan Perdagangan International (For Non-Ferrous  Metal) –M.S. Program beasiswa ini akan dilaksanakan selama 3 tahun untuk proses 1 tahun proses proses Perkuliahan, 1 tahun proses magang dan 1 tahun penelitian. Diharapkan akan ada mahasiswa Unpatti yang menjadi bagian dari program beasiswa ini.

Wakil Rektor Unpatti Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Ruslan H Tawari dalam sambutanya mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Wang Yaning dan Viola Pongajow yang telah menyempatkan hadir di Unpatti terkait dengan kegiatan sosialisasi beasiswa S2 kerjasama pemerintah Indonesia dan Perusahaan Green Economy Manufacture.

“Kami merasa sangat terhormat menjadi salah satu universitas di bagian Indonesia Timur yang berkesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kemungkinan kerja sama dan beasiswa S2 yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), GEM Co. LTD selaku Perusahan yang bergerak dalam bisnis daur ulang sampah elektronik dan juga Centeral South University,” ungkapnya.

Tawari mengatakan, program beasiswa ini sebagai upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia khususnya generasi muda di Indonesia sebagai langkah kongkrit dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Ia juga berharap melalui program ini pihak Unpatti dapat mengirim talenta-talenta muda untuk belajar di CSU dan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan manejemen para peserta di bidang energi lewat beasiswa yang ditargetkan ini.

“Kami juga berharap program ini dapat memfasilitasi transfer teknologi dan pengetahuan dari Tiongkok ke Indonesia, yang dapat diterapkan dalam industri energi baru di Indonesia,” ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!