Sekilas Info

PMM Inbound 4 Unpatti Berakhir

AMBON, MalukuTerkini.com - Rektor Universitas Pattimura melepas 53 Mahasiswa Inbound -  Pertukaran Mahasiswa  Merdeka (PMM) Angkatan 4  Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024.

Acara Pelepasan menandai berakhirnya kegiatan PMM dan Modul Nusantara , yang  dilakukan di Aula Rektorat Unpatti, Selasa (25/6/2024).

53 Mahasiswa PMM Angkatan 4 yang terdiri dari 20 mahasiswa putra dan 33 mahasiswa putri  tersebut telah berada di Unpatti sejak Februari 2024 dan mereka berasal dari 27 Perguruan Tinggi yang berada di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.

53 Mahasiswa PPM tersebut di telah melakukan proses perkuliahan pada 8 Fakultas dan 30 Program Studi yang ada di Unpatti.

Selain perkuliahan mereka juga melakukan kegiatan Modul Nusantara yang merupakan mata kuliah 4 SKS yang wajib diikuti yang terdiri dari Kebhinekaan, Inspirasi, Refleksi dan Kontribusi Sosial, dimana keseluruhan kegiatan tersebut di danai oleh Program PMM Kementerian .

Koordinator PMM 4, Julieta AB Mamesah mengatakan  ke-53 Mahasiswa Inbound PMM ini telah menjadi bagian dari Keluarga Besar Unpatti ketika diterima dalan melakukan seluruh proses perkuliahan maupun kegiatan modul nusantara selama  Februari – Juni 2024.

Mereka dibagi menjadi 2 Kelompok yakni “Kole-Kole“ dengan jumlah 27 Mahasiswa dengan Dosen Pendamping Hellen Nanlohy  dan Kelompok “Salawaku“ dengan jumlah 26 Mahasiswa , dan Dosen Pendamping Revency V Rugebregt.

“Sekali lagi terima kasih sudah menjadi bagian dari Kampus Orang Basudara, selamat kembali ke Perguruan Tinggi Asal dan kami berharap slogan Bertukan Sementara, Bermakna Selamanya  benar-benar menjadi bagian kita semua,“ ujarnya.

Saat melepas mahasiswa inbound, Rektor Unpatti, Fredy Leiwakabessy mengaku bersyukur kepada Tuhan Yang Kuasa karena semua rangkaianan kegiatan PMM dan Modul Nusantara Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 boleh dilaksanakan dengan baik meskipun tentunya ada kurang lebihnya.  Dikesempatan itu Rektor Juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Fakultas, khususnya Bidang Akademik dan ketua program studi yang sudah memfasilitasi para mahasiswa selama melakukan kegiatan.

“Kami berharap mahasiswa inbound pada tahun tahun berikut akan semakin meningkat dan tentunya kami juga berharap  melalui temen-teman mahasiswa ini akan semakin banyak peminat yang dapat mengenyam bangku perkuliahan ini Unpatti,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili dosen pendamping, Hellen Nanlohy menyampaikan apresiasi kepada semua pimpinan dan pihak yang telah mendukung pelaksanaan PMM Angkatan 4 ini.

“Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa inbound secara akademik maupun ketika mereka berkesempatan untuk belajar budaya dan terlibat bersama masyarakat adat  dalam acara ‘timba laor’.  Semua kegiatan Akademik dan Modul Nusantara ini dimaksudkan  untuk belajar bersama, untuk mendapat pengetahuan tetapi juga mengetahui adat istiadat, budaya, tradisi lokal dan sejarah serta wisata bahari dan menikmati pangan local,” ungkapnya,

Kepala suku inbound PMM 4, Ibnu Saleh Husen dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Bandung Jawa Barat, mewakili para peserta menyampaikan terima kasih atas sambutan dan pengamalam selama berada di Kampus Unpatti.

Acara yang diisi oleh suguhan seni dan tari yang dibawakan oleh Mahasiswa Inbound dan  dihadiri oleh Para Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Para Ketua Program Studi, Pengelola MBKM serta mahasiswa Univesitas Pattimura. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!