Sekilas Info

Karantina Maluku Periksa Tuna & Gurita Asal Sanana

AMBON, MalukuTerkini.com - Petugas Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Maluku (Karantina Maluku) memeriksa 430 kg ikan tuna loin dan 50 kg gurita segar asal Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara (Malut) yang tiba di Ambon menggunakan alat angkut KM Barcelona.

Petugas Karantina Maluku, Lahmadi di Ambon, Selasa (9/7/2024) menjelaskan pemeriksaan dokumen adminstrasi dan kesehatan komoditi perikanan juga dilaksanakan untuk memastikan komoditas aman dibebaskan sehingga dapat diolah lebih lanjut oleh masyarakat Ambon.

Sebelum dibebaskan, komoditi yang dikemas dalam kemasan streofoam ini dipastikan kelengkapan dokumen dari daerah asal.

“Ikan tuna dan gurita  yang dilalulintaskan ini telah memenuhi persyaratan di daerah tujuan. Kami telah melakukan serangkaian pemeriksaan sehingga kami menerbitkan sertifikat kesehatan Ikan dan produk perikanan domestik (KI-D12) dan melakukan pembebasan” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Karantina Maluku, Abdur Rohman, di tempat terpisah mengaku Karantina Maluku selalu hadir dan siap siaga dalam membantu menjaga sumber daya alam hasil perikanan dan menjaga kualitas ikan yang dikirim.

“Hal ini telah tertuang dalam UU 21/2019 tentang KHIT serta menjadi dasar seluruh petugas karantina dalam melakukan tindakan karantina di lapangan,” ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!