Sekilas Info

Tradisi ’Water Salute’ Sambut Super Air Jet Mendarat Perdana di Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com – Tradisi “water salute” menyambut pesawat Super Air Jet yang mendarat perdana di Bandara Pattimura, Ambon, Rabu (10/7/2024).

Maskapai tersebut menerbangi rute Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang – Banten menuju Ambon secara terjadwal setiap harinya.

Super Air Jet yang menggunakan Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi terbang setiap harinya dari Bandara Soekarno Hatta, pada pukul 10.10 WIB.

Sementara penerbangan dari Bandara Pattimura menuju Bandara Soekarno Hatta dijadwalkan setiap harinya pada pukul 16.30 WIT.

Di penerbangan perdana tersebut, pesawat Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU-240 membawa 109 penumpang dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Pattimura.

Pesawat dengan nomor register PK-STS yang dipiloti Sugianto saat tiba disambut dengan tradisi ‘water salute’.

Bahkan saat hendak parkir, dua unit Airport Rescue & Fire Fighting Services (ARFFS) melakukan prosesi penyambutan dengan semburan air dari kiri dan kanan pesawat atau yang dikenal dengan sebutan tradisi ‘water salute’.

Tradisi ‘water salute’ sudah dikenal di dunia penerbangan sebagai bentuk sambutan atau penghormatan bandara terhadap kedatangan penumpang pesawat, pesawat itu sendiri atau pun maskapai.

Tradisi ‘water salute’ dilakukan oleh dua kendaraan Airport Rescue & Fire Fighting Services (ARFFS) yang saling berhadapan sejajar di dua sisi jalur taxiway, untuk saling menembakkan air ke atas dengan sudut 45 derajat dan bertemu di satu titik, sehingga air yang ditembakkan membentuk seperti busur raksasa.

Sebaliknya saat terbang kembali ke Bandara Soekarno Hatta, Super Air Jet IU-241 membawa 103 penumpang.

Super Air Jet merupakan salah satu maskapai penerbangan domestik di Indonesia yang berdiri pada Maret 2021 ketika Indonesia dan dunia sedang menghadapi Pandemi Covid-19.

Maskapai berbiaya rendah (Low Cost Carrier atau LCC) ini mengklaim menyasar para pelanggan generasi milenial di Indonesia.

Super Air Jet resmi diluncurkan pada Maret 2021, dan dibiayai oleh pendiri Lion Air Group, Rusdi Kirana.

Maskapai ini memperoleh Sertifikat Operator Udara dari Kementerian Perhubungan pada 30 Juni 2021.

Maskapai ini mengadopsi model low cost carrier yang fokus pada perjalanan point to point untuk mengangkut penumpang antar pulau di Indonesia. Super Air Jet berfokus pada milenium sebagai target pasar.

Super Air Jet secara resmi mulai beroperasi pada 6 Agustus 2021 dengan menggunakan Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga