Sekilas Info

Unpatti Buka Seleksi Mandiri II/2024

AMBON, MalukuTerkini.com - Untuk memenuhi kuota maka Universitas Pattimura (Unpatti) akan membuka kembali Seleksi Mandiri  gelombang II tahun 2024.

Gelombang kedua ini dibuka Unpatti untuk sejumlah  Program Studi (Prodi) pada sejumlah fakultas yang belum memenuhi kuota.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor Unpatti Bidang Akademik, Dominggus Malle didampingi Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Daniel H Nanuru,  dan Koordinator Bagian Akademik, Christian Pattiruhu di Ruang Media Centre  Rektorat Unpatti, Selasa (9/7/2024).

Menurut Malle jalur Seleksi Mandiri UTBK Unpatti Gelombang II Tahun 2024 akan dibuka pada tanggal 10 – 14 Juli 2024 dan proses tes akan dilakukan  tanggal 15 – 17 Juli 2024 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 20 Juli 2024, serta daftar ulang pada tanggal 21 – 29 Juli 2024.

"Peminat yang melamar pada jalur Seleksi Mandiri UTBK sebanyak 3.991 orang dan yang lulus pada seleksi ini sebanyak 3.031 orang. Sedangkan untuk Mandiri RPL dengan peminat sebanyak 135 orang, dan yang dinyatakan lulus sebanyak 125 orang. Pada Mandiri Pretasi, peminatnya ada 185 orang dan yang dinyatakan lulus sebanyak 117 orang. Jadi kami juga akan membuka Jalur Seleksi Mandiri Gelombang II dengan tujuan selain untuk memenuhi kuota yang sudah diberikan kepada Unpatti, tetapi secara khusus membuka kesempatan bagi program studi lainnya yang belum memenuhi kuota," ungkapnya.

Dikatakan jalur Seleksi Mandiri dilakukan tiga jenis seleksi yaitu Mandiri Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Mandiri Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan Mandiri Prestasi.

“Untuk pelaksanaan Seleksi Mandiri UTBK Universitas Pattimura Gelombang II Tahun 2024 akan berlangsung hanya pada Kampus Utama Unpatti. Berbeda denga pelaksanaan Mandiri UTBK Gelombang I dilakukan selain di pusat UTBK Universitas Pattimura tetapi juga pada sub pusat UTBK yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Aru, Kota Tual, Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya,” akuinya.

Malle juga menambahkan, penerimaan mahasiswa baru UNPATTI dilakukan melalui 3 jalur yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri. Untuk diketahui,  Jalur SNBP dan SNBT kelulusannya ditentukan oleh Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru oleh  Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sedangkan untuk Jalur Seleksi Mandiri diberikan kesempatan bagi perguruan tinggi untuk melaksanakan seleksi tersebut.

“Untuk tahap pertama dan kedua sudah kami lakukan, dan Jalur Seleksi Mandiri Unpatti dilakukan untuk memenuhi kuota yang tersedia sebanyak kurang lebih 6.643 kuota. Keseluruhan kuota tersebut tentunya akan dipenuhi oleh ketiga jalur tersebut. Diketahui bersama, Jalur SNBP kuota yang diambil sebanyak 30%, Jalur SNBT dengan kuota 40% dan Jalur Seleksi Mandiri 60%. Kami juga sudah merekap seluruh calon mahasiswa yang sudah melakukan daftar ulang pada Jalur SNBP dan SNBT, dengan tujuan untuk melihat jumlah kuota yang tersedia agar diisi oleh Jalur Seleksi Mandiri,” ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga