Sekilas Info

HAB ke-73, Ambon Kota Paling Rukun

JAKARTA - Kota Ambon memperoleh "Harmony Award" Kategori Kota Paling Rukun.

"Harmony Award" tersebut diserahkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada Wakil Walikota (Wawali) Ambon Syarif Hadler bersamaan dengan upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-73 yang dipusatkan di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Selain Ambon, "Harmony Award" juga diberikan juga kepada Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Bulungan dan Kota Yogyakarta.

"Harmony Award" diberikan kepada daerah yang mampu memenuhi tiga aspek/kriteria penilaian. Ketiga aspek itu diantaranya, dukungan pemerintah daerah setempat terhadap pelayanan seluruh agama, hasil kerja program pemerintah daerah setempat yang berkaitan dengan pelayanan terhadap seluruh penganut agama, serta upaya untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di masing-masing daerahnya.

Menag dalam sambutannya mengatakan peringatan HAB Kemenag membawa pesan kepada semua pihak untuk
mewujudkan supremasi nilai-nilai ke-Tuhan-an dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa.

"Masalah agama adalah masalah yang amat peka yang bila tidak ditangani dengan hati-hati dapat menimbulkan persoalan yang rumit. Oleh sebab itu, Kemenag amat menyadari pentingnya
kematangan cara berpikir dan bertindak dalam mengelola urusan keagamaan, menjaga kerukunan beragama serta mendorong pembudayaan moderasi
beragama bagi semua warga bangsa," katanya.(MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!