Sekilas Info

BI Bantu Gapoktan Kembangkan Bawang Merah di Maluku Tenggara

AMBON – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku dalam waktu dekat akan membantu gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) guna mendukung pengembangan tanaman bawang merah di daerah itu.

"BI Maluku akan membantu mereka dalam hal penyediaan lahan pertanian, dan pembagiannya masing-masing kelompok akan mendapatkan 1 hektar guna mengembangan tanaman bawang merah," kata Kepala Unit Fungsi Pelaksanaan UMKM BI Maluku Huji Yanto di Ambon, Kamis (28/2/2019).

Lahan yang akan disediakan bagi mereka untuk menanam bawang sekitar 48 hektar, dengan demikian kalau penanamannya baik maka bisa menghasilkan puluhan ton bawang merah di Malra.

Huji Yanto menjelaskan gapoktan yang ada di Kabupaten Malra itu selama ini juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat sehingga pengembangan bawang merah di daerah itu terbilang cukup pesat, namun BI tetap akan membantu selain menyediakan lahan juga dalam bentuk pembinaan dan penyediaan alat-alat pertanian yang menyangkut dengan usaha mereka.

Dijelaskan selain membantu Gapoktan Malra selama ini, BI Maluku juga mempunyai tiga gapoktan yang ada di Kota Ambon masing-masing Gapoktan Sinar Tani di Desa Waiheru, Gapoktan Kambunga di Desa Talaga kodak, dan Gapoktan Bukit barisan di dusun Air ali semuanya berada di Kecamatan Teluk Dalam Ambon.

Menurutnya, ketiga gapoktan yang ada di Pulau Ambon ini selama ini bergerak di tanaman hortikultura yakni sayur-sayuran, cabai, bawang, tomat, dan lainnya.

"Kalau Gapoktan Sinar tani dalam waktu dekat akan dilepas menjadi Gapoktan mandiri sebab kelompok ini sudah bisa membiayai hingga melakukan pengadaan barang yang dilakukan oleh mereka sendiri, jadi perlu dilepas untuk mandiri namun BI tetap memberikan pendampingan," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!