Sekilas Info

Gubernur dan Wagub Maluku Utara Terpilih Dilantik Presiden Jumat Ini

Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) terpilih, Abdul Gani Kasuba (Kiri) dan Al Yasin Ali (kanan).

TERNATE - Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) terpilih, Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali dijadwalkan akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Kepastian pelantikan gubernur petahana dan wakilnya ini setelah pihak protokoler Pemprov Maluku Utara melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, Selasa (7/5/2019).

“Hasil rakor di Istana kemarin, informasi terakhir pelantikan akan dilaksanakan Jumat (10/5/2019),” kata Karo Humas Pemprov Malut Muliadi Tutupoho di Ternate, Rabu (8/5/2019).

Terkait undangan, Tutupoho mengaku terdiri atas dua jenis yaitu akni undangan untuk para pejabat terutama unsur Forkopimda Provinsi Malut dan undangan untuk pihak keluarga baik gubernur maupun wakil gubernur.

“Tamu undangan terbagi dua yaitu pejabat serta keluarga gubernur dan wakil gubernur terpilih. Dari Forkopimda seperti Ketua DPRD dan sebagainya,” ujarnya.

Masa jabatan gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba sendiri berakhir sejak 5 Mei 2019 lalu. Kekosongan itu sementara diisi oleh Pelaksana Harian (Plh) Gubernur, Bambang Hermawan yang juga Pejabat Sekda Malut.

Sebagaimana diketahui, proses pemilihan Gubernur dan Wagub Malut berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK). Setelah melalui proses pemungutan suara ulang di beberapa wilayah, MK melalui putusannya pada 13 Desember 2018 menetapkan hasil akhir perolehan suara dalam Pilkada Maluku Utara tahun 2018. Hasilnya pasangan Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali yang diusung PDIP dan PKPI menjadi pemenang.

Melalui putusan tersebut MK menetapkan hasil perolehan suara sebagai berikut; pasangan calon Nomor Urut 1 Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar memperoleh 175.749 suara, Nomor Urut 2 Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaluddin memperoleh 139.365 suara, Nomor 3 Abdul Ghani Kasuba dan Al Yasin Ali memperoleh 176.669 suara, dan pasangan calon Nomor Urut 4 Muhammad Kasuba dan Madjid Husen memperoleh 63.902 suara.

Dalam putusan tersebut Mahkamah juga membatalkan Surat Keputusan KPU Provinsi Maluku Utara bernomor 39/PL.03-6-Kpts/82/Prov/VII/2018 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara Tahun 2018 bertanggal 7 Juli 2018. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!