oleh

MCC Sosialisasi Penanaman Kembali Mangrove

AMBON – Komunitas Moluccas Coastal Care (MCC) melakukan sosialisasi penanaman kembali mangrove (mangrove reforestation) yang berlangsung di SMPN 9 Ambon, Sabtu (11/5/2019).

Di depan 200 siswa SMPN 9 Ambon yang mengikuti sosialisasi tersebut, Koordinator MCC, Teria Salhuteru menjelaskan, program penanaman kembali mangrove (mangrove reforestation) dengan harapan ada upaya kembali pemulihan ekosistem pada tanaman mangrove.

“Kami berbagi cerita tentang indahnya bawah laut Maluku dengan mengajak anak-anak memberi motivasi untuk lebih berani menerima tantangan baru,” jelasnya.

Menurutnya, Teluk Ambon merupakan salah satu tempat tumbuhnya mangrove dan harus tetap dilestarikan.

“Tujuan kita yaitu bisa menyampaikan kepada anak-anak pentingnya fungsi tanaman mangrove untuk kehidupan manusia, yaitu melindungi coral dari sedimentasi sungai maupun aliran air hujan, melindungi tanaman lamun, dan sebagai penahan ombak, yang terpenting mangrove adalah sumber karbon dioksida atau Storage Carbon Dioxide untuk kehidupan kita. Ketika area mangrove itu bisa terpelihara dengan baik dan sehat maka disana ada begitu banyak habitat laut yang bisa berkembang dan hidup,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan ekosistem mangrove di Teluk Ambon saat ini berada dalam kondisi yang tidak baik, karena adanya pembangunan pada area pesisir dimana mangrove itu bisa tumbuh dan berkembang bersama ekosistemnya.

“Belum lagi kurangnya kesadaran warga kota yang masih membuang sampah langsung ke sungai dan laut sehingga membuat kehidupan mangrove terancam.  Komunitas MCC tidak akan pernah lelah bersuara kepada semua masyarakat Kota Ambon, bahwa menjaga lingkungan kota bukanlah tanggung jawab sebagian orang, tetapi menjaga lingkungan kota yang bersih dan sehat merupakan tanggung jawab semua warga kota. Mari bersama berusaha menjadikan kota ini menjadi kota yang sehat,” jelasnya. (MT-03)

Komentar

News Feed