oleh

Polda Maluku Kurbankan Puluhan Ekor Hewan

-Keagamaan-105 views

AMBON – Polda Maluku mengurbankan puluhan ekor hewan di Hari Raya Idul Adha  1440 Hijriyah. Penyembelihan puluhan hewan kurban itu berlangsung di Masjid At Taqwa, Asrama Polda Maluku, Tantui, Ambon, usai pelaksanaan Shalat Idul Adha, Minggu (11/8/2019).

Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, Idul Adha mengajarkan umat untuk harus iklas berkurban, sebagaimana yang ditunjukan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail.

“Lebaran Idul Adha atau juga yang sering disebut lebaran Idul Qurban, memberikan makna yang luar biasa bagi setiap manusia, untuk iklas dan sabar dalam menghadapi segala persoalan kehidupan termasuk kita sebagai anggoota kepolisian,” kata Kapolda, saat membuka acara penyembelihan hewan kurban.

Ia mengajak, seluruh personel untuk mengimplementasikan makna berkurban kedalam tugas keseharaian polri.

“Mari kita wujudkan nilai-nilai kurban ke dalam pelaksanaan tugas kita sebagai seorang anggota polri seperti yg ada di dalam Catur Prasetya dan Tribrata Polri. Dalam kesempatan ini juga saya juga ucapkan terimakasih atas kerja sama semua pihak, dalam pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Adha di jajaran Polda Maluku, hingga pemotongan hewan kurban,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Polda Maluku, AKBP Sigit Nurohmat Hidayat mengungkapkan, puluhan ekor hewan kurban yang dikurbankan saat Lebaran ini, merupakan sumbangan dari berbagai pihak diantaranya Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kapolda Maluku.

“Total hewan yang kita kurbankan 32 ekor terdiri dari sapi 22 ekor dan kambing 10 ekor. Untuk 22 ekor sapi itu merupakan sumbangan dari Pak Gubernur, Kapolda, Wakapolda, sejumlah pejabat utama dan Kapolres jajaran, sementara kambing merupakan sumbangan dari personel,” ungkap Sigit yang juga menjabat sebagai Wadir Polair Polda Maluku.

Menurutnya, daging dari puluhan hewan akan disumbangkan kepada para fakir miskin, dan kaum dhuafa yang ada di kota Ambon.

“Daging hewan-hewan qurban ini akan kita berikan kepada para kaum dhuafa dan pakir miskin yang ada di 20 titik. Diantaranya, di Masjid Al Musyata – Ongkoliong, Masjid Ishak Al-Hijra kompleks IAIN, TPA Baiturahman Batumerah Atas, Masjid Sin Alaudin Kebun Cengkeh, Masjid Ta’lim Al-Falaq, Masjid Kampus Unpatti, Masjid As-Syukur Aster Hative Kecil,  Masjid Nurul Hidaya Kampung Oiho, Masjid Ta’lim Ar-Rahman Talaga Pange dan Masjid Nurul Iklas Galunggung, Masjid Baiturahman Perumnas Waiheru, Masjid Al-Hamid Waiheru Dalam, Masjid Al-Muttadin Batumerah Puncak, Masjid Muhajiri Tihu, Masjid Mardhotillah, Masjid Djabal Isar Airsalobar, serta Masjid Jabal Rahmah Gunung Malintang,” rincinya

Sebelum pelaksanaan penyembelihan puluhan hewan kurban, dilaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid At Taqwayang dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono, Irwasda Maluku para pejabat utama Polda Maluku, Pengurus Bhayangkari Daerah dan masyarakat sekitar. Bertindak sebagai Imam Mahmud Rumakat dan Khatib Ustad Abdul Karim Tawaulu. (MT-05)

Komentar

News Feed