oleh

Desa Hunuth Raih Juara 3 Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional

-Pendidikan-370 views

AMBON – Kota Ambon kembali menoreh prestasi di tingkat nasional. Prestasi itu ditorehkan Perpustakaan Desa (Perpusdes) Kasih Ibu yang berlokasi di Desa Hunuth yang meraih juara 3 Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional.

Melalui rangkaian kegiatan lomba yang dimulai sejak tanggal 14 – 16 Agustus 2019 di Hotel Aryaduta-Jakarta, dewan juri mengumumkan hasil lomba sekaligus menyerahkan piala  kepada para pemenang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, P Pattiasina menjelaskan, Perpusdes Hunuth yang mewakili Provinsi Maluku berhak mengikuti lomba perpustakaan tingkat nasional setelah menjuarai lomba perpustakaan tingkat provinsi yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

“Sebagai perwakilan dari Provinsi Maluku, Pengelola Perpusdes Hunuth, Venly Hursepuny dapat mempresentasikan dengan baik transformasi perpustakaan Kasih Ibu sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat. Ini yang kemudian membawa Perpusdes Hunuth meraih juara 3 tingkat nasional,” jelasnya.

Menurut Pattiasina, hasil dicapai saat ini merupakan peningkatan prestasi karena kali kedua perpustakaan Kota Ambon mewakili Provinsi Maluku di ajang nasional.

“Tahun 2018, Perpustakaan Negeri Batu Merah meraih Juara Harapan II di tingkat nasional, dan tahun ini Perpusdes Hunuth meraih Juara 3. Ini perkembangan yang sangat baik dan membanggakan untuk Maluku dan Kota Ambon sendiri,” ungkapnya.

Namun demikian, kata Pattiasina, penghargaan yang diperoleh hanyalah bonus, tetapi bagian pentingnya adalah pengakuan bahwa perpustakaan yang ada di Maluku, khususnya di Kota Ambon telah memenuhi standar perpustakaan menurut penilaian Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

“Dari segi kelembagaan, kapasitas pengelola, program kerja, dukungan anggaran/kebijakan, koleksi serta sarana prasarana lainnya serta manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Sebagaimana diketahui, juara 1 perpustakaan terbaik tingkat nasional diraih oleh Provinsi NTB, juara 2 Provinsi Sulawesi Tengah dan juara 3 Provinsi Maluku pada posisi ke-3.

Penyerahan piala dan hadiah dilakukan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpusnas RI, Roro Titi Haryanti. (MT-03)

Komentar

News Feed