oleh

Luluskan 1.207 Sarjana, Gubernur Maluku Berharap Unpatti Tingkatkan Kualitas

-Pendidikan-127 views

AMBON – Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon kembali meluluskan sebanyak 1.297 orang sarjana dalam wisuda yang digelar, di Auditorium Unpatti, Ambon, Kamis (5/9/2019).

Rektor Unpatti Martinus Sapteno merincikan, di periode September 2019 ini, Sarjana Strata Satu (S1) yang diluluskan berjumlah 1.207 orang, sementara Strata Dua (S2) sebanyak 90 orang.

“Dari Jumlah tersebut sarjana pada Fakultas Hukum sebanyak 127 orang, Fakultas Sosial dan Politik (51 orang), Fakultas Keguruan dan Pendidikan (556 orang), Fakultas Ekonomi (116 orang), Fakultas Pertanian (84 orang), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (104 orang), Fakultas Teknik (98 orang), Fakultas MIPA (45 orang), Fakultas Kedokteran (26 orang) srta Pascasarjana (90 orang,” rincinya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail mengharapkan Unpatti harus lebih mampu memacu diri dalam meningkatkan kualitas mutunya, yaitu, kualitas mutu tata kelola kelembagaannya, kualitas mutu pendidikannya hingga kualitas mutu pelayanan publiknya agar mampu beradaptasi dengan kemajuan revolusi industri 4.0.

“Untuk menuju ke arah itu, tidak bisa tidak, Unpatti Ambon membutuhkan komitmen kuat yang terbangun di atas kesadaran bersama tentang pentingnya budaya mutu; mampu melakukan internalisasi nilai-nilai yang menopang terbentuknya mentalitas yang apresiatif terhadap budaya mutu dan konsistensi dalam penerapannya secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Apalagi di era yang serba kompetitif ini, katanya, untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang eksis, maka yang penting dan mendasar untuk dilakukan adalah bagaimana sebuah lembaga pendidikan tinggi mampu menawarkan prospek lapangan kerja dan masa depan yang menjanjikan bagi para alumninya.

“Saya yakin Unpatti terus bekerja keras untuk menjadi perguruan tinggi yang dirindukan dan menjadi impian bagi para calon mahasiswa di daerah ini,” katanya.

Menurutnya, pemerintah daerah terus berupaya dengan penuh kesungguhan untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia Maluku sehingga untuk kepentingan itu, pemerintah sangat membutuhkan partisipasi aktif dan kontribusi nyata dari dunia perguruan tinggi.

“Pemerintah daerah sangat terbuka kepada perguruan tinggi untuk bekerjasama dan membantu pemerintah daerah dalam berbagai usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia Maluku kedepan,” tandas gubernur. (MT-03)

Komentar

News Feed