oleh

Ini Pesan Ketua KPU RI untuk Penyelenggara Pilkada Serentak 2020

-Nasional-389 views

PACITAN – Ketua KPU RI Arief Budiman berpesan agar penyelenggara pemilu tahun 2020 di daerah tetap menjaga marwah KPU.

“Tidak boleh ada yang ditutup-tutupi dari seluruh tahapan pemilu. Ketika menyusun anggaran, buka saja. Ketika pendaftaran calon, buka, harus,” tandas Arief Budiman kepada wartawan di Pacitan, Jawa Timur, Rabu (18/9/2019).

Selain wajib mengedepankan transparansi, lanjut Arief Budiman, penyelenggara pemilu harus berintegritas. Artinya, dalam bekerja, mereka harus tetap berpegang teguh pada aturan yang berlaku. Dengan begitu, netralitas dan objektivitas tetap terjaga.

“Karena hanya dengan itu lembaga ini (KPU) tetap bisa dijaga. Tapi, kalau sudah serong kanan, serong kiri, itu nggak boleh,” tandasnya.

Beban lain yang berada di pundak jajaran KPU, kata Arief, adalah terciptanya pemilu berkualitas. Salah satu indikatornya adalah pelaksanaan tahapan tepat waktu serta tidak ditemukannya masalah.

“Nah, untuk mewujudkan hal itu, KPU memiliki porsi paling besar tanggung jawabnya. Tetapi dia tidak bisa kerja sendirian,” imbuhnya.

Karena itu, Arief mengharapkan dukungan pihak terkait, di antaranya pemerintah kabupaten, TNI/Polri, tokoh masyarakat, serta tokoh agama. Media massa pun diminta ikut menciptakan suasana sejuk selama tahapan pilkada berlangsung. (MT-06)

Komentar

News Feed