Sekilas Info

Sukhoi Paksa Pesawat Asing Mendarat di Lanud Pattimura

AMBON - Pesawat tempur Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 11 Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hasanuddin menurunkan secara paksa pesawat asing di Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Selasa (24/9/2019).

Dibawah leader Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb Wanda “Russel” Surijohansyah, Sukhoi menurunkan secara paksa pesawat asing yang melintasi wilayah udara Indonesia setelah mendapat laporan satuan radar di jajaran Kosekhanudnas IV.

Penurunan secara paksa tersebut dilakukan dua Sukhoi yang diawaki Letkol Pnb Wanda Surijohansyah dan Kapten Pnb Satria Tikwana serta Kapten Pnb Sang Made Yogi A dan Kapten Pnb Yanifa Eska S, setelah proses identifikasi dan himbauan untuk keluar dari wilayah udara Indonesia tidak digubris sehingga kemudian dilakukan force down di pangkalan terdekat yaitu Lanud Pattimura.

Setelah mendarat, personel Lanud Pattimura dengan bersenjata melakukan pertahanan pangkalan yang dibantu tim brigan dikedudukan masing-masing menunggu perintah pimpinan, kemudian satuan polisi militer bersama intelijen mengamankan pilot dan menginterogasi untuk mendapatkan semua data-data informasi yang dibutuhkan  karena telah memasuki wilayah udara Indonesia tanpa izin dan tanpa kelengkapan dokumen yang jelas.

Force down ini hanyalah simulasi dari rangkaian Latihan Pertahanan Udara (Lathanud) Perkasa “D“ tahun 2019.

“Ini adalah simulasi latihan penanganan pesawat asing yang masuk wilayah Indonesia yang kemudian diturunkan secara paksa atau force down yang melibatkan dua pesawat Sukhoi,” kata Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan di Lanud Pattimura, Selasa (24/9/2019).

Menurutnya, simulasi penanganan pesawat asing yang dilakukan terdiri dari simulasi pengusiran dan force down.

“Latihan ini ada dua simulasi yaitu pengusiran pesawat asing yang masuk dari utara melalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III yang melewati wilayah Maluku serta force down atau pemaksaan mendarat terhadap pesawat asing yang sudah terlanjur masuk dan menolak untuk keluar. Latihan berjalan baik dan lancar. Kerjasama dengan radar TNI AU dan radar sipil di Bandara Pattimura juga berjalan baik,” ungkapnya.

Dalam Latihan Perkasa "D" Tahun 2019 ini dilibatkan dua pesawat tempur sergap Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin, pesawat F-28 dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Helikopter Penerbad dan SAR Paskhas Lanud Hasanuddin, Helikopter Penerbad dan SAR Paskhas dari Lanud Pattimura, Satuan Radar (Satrad) 242 Tanjung Warari, Satrad 243 Timika, Satrad 244 Merauke dan Satrad 245 Saumlaki. (MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!